Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Fakta & Opini : Pengertian, Ciri dan Perbedaanya

Fakta opini dalam artikel, pada kali ini kita akan membahas pengertian fakta, pengertian opini, ciri fakta opini dan perbedaan fakta & opini. 
fakta-opini

Pengertian Fakta

Faktasantuy.com – Fakta adalah kejadian yang benar-benar terjadi, bukan opini dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarnnya di public.

Baca:

Fakta secara pendek disebut hasil pengamatan yang dapat dibuktikan kebenarannya oleh orang lain


Ciri-ciri Fakta

Berikut ciri-ciri Fakta adalah :

  1. Kebenaran dapat diuji
  2. Bersifat objektif
  3. Pernah dilihat orang banyak
  4. Punya data akurat


Pengertian Opini

Opini adalah pikiran, idea tau pendapat yang bersifat tidak objektif yang kebenarnnya diragukan.

Opini disebut kebenaran yang belum dapat dibuktikan kebenarannya. Namun opini dapat jadi fakta jika opini sudah dapat dibuktikan kebenarnnya.


Ciri-ciri Opini

Apa saja ciri-ciri Opini? Berikut ciri opini:

  1. Peristiwa yang belum dapat dibuktikan kebenarnnya
  2. Belum ada data pendukung
  3. Belum teruji kebenarannya
  4. Opini yang ada data maka disebut fakta


Perbedaan Fakta Dan Opini

Fakta ialah peristiwa yang benar-benar terjadi, yang peristiwa tersebut diliat oleh banyak orang, memiliki data yang cukup untuk dibuktikan. Fakta sulit dibantah karena ada data dukung yang kuat, maka semakin kuat data dukung fakta maka semakin akurat fakta tersebut


Sedangkan opini adalah pendapat yang belum tentu benar, dan bisa benar/salah. Opini mudha dibantah karena tidak ada data dukung, meskipun opini dapat berubah jadi fakta jika sudah ada data-data yang cukup kuat untuk membuktikannnya.


Cara Mudah Membedakan Fakta dan Opini

Perbedaan fakta dan opini yang sudah cukup jelas tentu kita  dapat dengan mudah membedakan fakta dan opini. Cara termudah membedakan fakta dengan opini adalah dengan melihat kalimat yang dapat diyakini (fakta), dan kalimat yang meragukan (opini)

Contoh kalimat fakta: uang saya sudah habis karena belanja di pasar tadi, saya setiap hari makan untuk bertahan hidup, survey membuktikan bahwa laki-laki selalu lebih berat dari wanita.


Sedangkan contoh kalimat opini ialah: Perlu adanya perubahan dalam belajar, saya ragu tadi dia ada disana, mungkin besok saja.


Contoh Fakta dan Opini

Contoh kalimat fakta :

  1. Gajah punya belalai
  2. Kucing mempunyai taring
  3. Nyamuk betina suka menghisap darah
  4. Mata untuk melihat
  5. Telinga untuk mendengar
  6. Ada siang ada malam

Contoh kalimat opini :

  1. Besok saya tidak masuk kerja
  2. Mungkin besok saja kemari
  3. Makanan buatanmu enak
  4. Mobil itu sepertinya murah
  5. Indonesia kata temanku adalah negara miskin


Dari uraian lengkap diatas pasti kita sudah paham apa perbedaan fakta dan opini, apa ciri fakta opini dan apa contoh fakta dan opini. Nah itulah fakta opini dalam artikel Semoga rangkuman ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai materi contoh fakta opini dalam artikel silakan ketik di kolom komentar dibawah.

Lain kali admin akan membuat contoh fakta dan opini dalam iklan beserta gambarnya, contoh fakta dan opini dalam teks editorial, contoh fakta dan opini dalam koran, contoh fakta dan opini dalam teks eksposisi.

Baca:

Posting Komentar untuk "√ Fakta & Opini : Pengertian, Ciri dan Perbedaanya"