Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Teks Prosedur Kompleks: Pengertian, Struktur Tujuan, Kaidah dan Contohnya

Faktasantuy.com – Materi teks prosedur, struktur teks prosedur komplek,  tujuan prosedur kompleks, kaidah dan contoh teks prosedur

teks-prosedur-komplek


Pengertian Teks Prosedur

Arti teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi tahapan-tahapan kegiatan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Dalam kamus KBBI teks prosedur komplek adalah tahap-tahap kegiatan kegiatan untuk menyelesaikan aktivitas dengan urutan peristiwa yang logis.

Baca:


Struktur Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks memiliki struktur yaitu dibagi menjadi beberapa bagian:

  1. judul
  2. pendahuluan
  3. bahan/alat
  4. tujuan
  5. dan langkah-langkah.


Judul

Judul adalah kepala dari karangan teks prosedur komplek. Contoh: Cara Menyimpan Uang di Bank

Pendahuluan

Pendahuluan adalah dasar teks prosedur komplek. Contoh: Dewasa ini, kebutuhan menyimpan uang di bank dengan aman sangat diminati, tidak hanya orang tua saja, bahkan remaja yang sedang sekolahpun ikut menyimpan uang di bank

Bahan atau alat

Bahan atau alat adalah kalimat yang digunakan untuk persiapan apa saja yang perlu dilakukan. Contohnya: Jika ingin membuka rekening bank, maka yang perlu disipakan adalah KTP , uang dan materai.

Tujuan

Tujuan adalah maksud yang ingin kita capai dari suatu hal. Contohnya: Tentunya tujuan kita menyimpan uang di Bank ialah untuk mengamankan uang kita agar tidak dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

Langkah-langkah

adalah susunan kaliamat tatacara membuat sesuatu. Contohnya: Jika KTP, uang dan materai sudah ada, maka selanjutnya pergi ke Bank dan minta buatkan rekening bank dengan Customer Service. Maka Customer Service akan membantu sampai selesai pembuatan rekening bank dan memberikan kita buku tabungan dan kartu ATM


Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Ciri kebahasan teks prosedur komplek yang benar adalah terdapat konjungsi, kalimatt perintah, verba, konjungsi dan partisipan manusia:

Konjungsi

Konjungsi adalah kata hubung, contohnya: setelah itu, kemudian, dan, atau dll

Kalimat Perintah”

Pada teks prosedur komplek sangat harus ada kata perintah. Contohnya: Lakukan ini, sebaiknya, coba dll

Verba material dan tingkah laku

Ini mengacu pada tindakan fisik.

Partisipan manusia

Dalam teks prosedur komplek, kata-kata partisipasi manusia sangat dibutuhkan supaya keterlibatan manusia cukup jelas.


Tujuan Prosedur Kompleks

Tujuan penulisan teks prosedur kompleks ialah untuk menunjukan atau menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.

Baca: Teks teks eksposisi pendidikan


Contoh Teks Prosedur Kompleks

Cara Mencuci Piring Dengan Benar

Mencuci piring merupakan rutinitas yang biasa dilakukan manusia sehari-hari. Kendati demikian, ternyata banyak hal yang harus diperhatikan agar piring yang dicuci benar-benar bersih dan tidak rusak.


Berikut ini, kami berikan langkah-langkah yang benar mencuci piring:

Pertama, kumpulkan semua piring kotor dan buanglah ke tempat sampah sisa-sisa makanan di piring-piring tersebut.

Kedua, Persiapkan sabun cuci yang bagus, ambil sedikit sabun dan masukkan ke wadah yang berisi air banyak. Aduk rata sabun tersebut agar busa yang keluar melimpah.

Ketiga, basuh sedikit piring-piring dengan sedikit air agar menghilangkan sisa-sisa noda, setelah itu campurkan larutan sabun tadi dengan busa, lalu basuhkan ke piring, lakukan pembasuhan dengan benar sehingga menghilangkan semua noda dan tersisa sabun saja.

Keempat, setelah semua piring dibasuh dengan sabun maka bilas dengan air bersih semua piring. Setelah dibilas letakkan di wadah piring dan di lab dengan kain bersih, setelah itu letakkan di rak piring.

Begitulah cara membersihkan piring yang benar dan tidak merusak piring. Semoga cara ini bermanfaat untuk kita semua.

Dari contoh teks prosedur diatas memiliki memiliki struktur dari judul, pendahuluan, bahan alat, tujuan dan langkah-langkah.

Baca:


Nah itulah artikel teks prosedur kompleks contoh. Semoga rangkuman ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai materi teks prosedur kompleks yaitu komplek silakan ketik di kolom komentar dibawah.


Posting Komentar untuk "√ Teks Prosedur Kompleks: Pengertian, Struktur Tujuan, Kaidah dan Contohnya"