Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Fungsi Administrasi Pendidikan : Pengertian Menurut Para Ahli & Tujuannya

administrasi-pendidikan

Faktasantuy - Definisi adminitrasi pendidikan. Pada hari ini kita akan membahas artikel administrasi pendidikan. Nah apa itu administrasi pendidikan? Silakan teman-teman simak pengertian adminitrasi pendidikan,  fungsi administrasi pendidikan, tujuan administrasi pendidikan, prinsip administrasi pendidikan, dan asas administrasi pendidikan berikut ini ya.

Pengertian Adminitrasi Pendidikan

Secara sederhana administrasi bermula dari bahasa latin yakni “ad” dan “ministro”. Ad memiliki arti “kepada” dan ministro berarti “melayani”. Secara bebas dapat diartikan bahwa administrasi merupakan pelayanan atau pengabdian terhadap subjek tertentu. sekarang administrasi ini memiliki pengertian atau konotasi yang luas. Pengertian adminitrasi pendidikan adalah cara bekerja dengan orang–orang dalam melakukan usaha untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif, dengan mendatangkan hasil yang baik dan tepat yang sesuai dengan sebuah tujuan pendidikan yang telah ditentukan.

Wajib baca: Definisi absen?

Pengertian Adminitrasi Pendidikan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian administrasi menurut beberapa para ahli, yaitu sebagai berikut:

Drs.M.Ngalim Purwanto, berupa segenap proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu baik personal, spiritual dan material yang berkaitan dersangkut paut dengan tercapainya tujuan pendidikan.

Depdiknas RI Administrasi,  berupa suatu proses kseleruhan kegiatan bersama dalam dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan, pembiyaan dan pelaporan dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersdia, baik personal, material maupun sepritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara efesien dan efektif.

Sondang P. Siagian, MPA. PhD,berupa suatu keseluruhan proses kerja sama antar dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu, untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

The Liang Gie, berupa segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilaksanakan oleh sekelompok orang dalam bekerja sama untuk mencapai tujan tertentu.

Drs. Soehari Trisna, dalam segi Administrasi Sekolah, berupa keseluruhan proses penyelenggaraaan dalam usaha kerja sama dua orang atau lebih dengan secara rasional untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara efisien

Fungsi Administrasi Pendidikan

Adapun beberapa fungsi administrasi pendidikan, yaitu sebagai berikut fungsi fungsi pokok administrasi pendidikan:

  1. Perencanaan, ditahap ini dilakukan suatu kegiatan untuk merumuskan, memilih, dan menetapkan apa aktifitas sumber daya yang akan dilakukan dan digunakan dimasa datang untuk mencapai tujuan tertentu.
  2. Pengorganisasian, berupa kegiatan yang berisi tentang membentuk atau menyusun hubugan kerja antara kelopok ataupun peribadi, sehingga terjadi suatu kesatuan usaha dalam menempuh tujaun yang suddah ditetapkan.
  3. Penyusunan, karyawan memiliki fungsi yang sangat penting, dimana berupa pengisian suatu unit atau bidang dengan personal yang akan melakukan atau melaksanakan tugasnya.
  4. Pengarahan guna suatu penjelasan, pertimbangan serta petunjuk dan bimbingan terhadap para petugas yang terlibat didalamnya, abik secara fungsional ataupun struktural agar pelaksanaan suatu tugas dapat berjalan dengan baik.
  5. Pengkoordinasian, secara global hal ini tidak efektif karena munculnya system birokrasi dan krisis ini akan terjadi bila organisasi menjadi terlalu rumit dan besar untuk dikerjakan atau dikelola.
  6. Penganggaran, berupa aspek penting dalam kebutuhan sehari-hari, dimana seorang manusia memerlukan makan untuk melakukan sebuah kegiatan, begitulah pentingnya fungsi peenganggaran ini.
  7. Pergerakan, berupa aktivitas manajer dalam pemerintahan, menugaskan dan mengarahkan karyawan atau personel organisasi untuk melaksanakan suatu pekerjaan untuk mencapai tujuan yang ditentukan.
  8. Pengawasanberupa kegiatan yang dilakukan agar perilaku personalia organisasi lebih mengarah ke tujuan oraganisasi, bukan hanya semata-mata ke tujuan individual. Agar tidak terjadi suatu penyimpangan dari rencana dan pelaksanaan.
  9. Penilaian, guna melakukan aktivitas meneliti dan mengetahui samapai dimana suatu pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses keseluruhan suatu oraganisasi untuk mencapai hasil yang sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Tujuan Administrasi Pendidikan

Tujuan dan manfaat administrasi pendidikan? Adapun tujuan administrasi agar semua kegiatan mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang digunakan dalam dunia pendidikan yaitu seperti efektifitas produksi, efisiensi, kemampuan menyesuaikan diri, serta kepuasan kerja.

Prinsip Administrasi Pendidikan

Adapun beberapa dasar yang perlu diperhatikan agar administrasi dapat dicapai sukses dalam tugasnya. Yaitu sebagai berikut prinsip administrasi pendidikan:

  1. Prinsip Efisien, seorang administrasi akan berhasil dalam tugasnya apabila efisien dalam menggunakan semua sumber tenaga dana dan fasilitas yang ada.
  2. Prinsip Pengelolaan, administrator akan memperoleh hasil yang paling efektif dan efisien dengan cara melakukan pekerjaan manajemen, yaitu merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan melakukan pemeriksaan (pengontrolan)
  3. Prinsip Pengutamaan Tugas dan Pengelolaan, seorang administrator akan cenderung memprioritaskan pekerjaan operatif. dan sebaiknya tidak memfokuskan perhatiannya pada pekerjaan operatif saja karena bila ia hanya berkecimpung dalam tugas-tugasnya operatif saja, maka pekerjaan pokoknya akan terbengkalai. Makin rendah taraf suatu organisasi, berarti semakin banyak pekerjaan operatif yang harus dilakukan oleh administrator.
  4. Prinsip Kepemimpinan yang Efektif, seorang administrator akan berhasil dalam tugasnya apabila menggunakan gaya kepemimpinan yang efektif, yaitu memperhatikan dimensi-dimensi hubungan antar manusia (human relationship), dimensi pelaksanaan tugas dan dimensi situasi dan kondisi (sikon) yang ada. Prinsip keempat ini perlu penjelasan. Administrator akan berhasil dalam melaksanakan tugasnya apabila sebagai pemimpin harus memelihara hubungan baik antara bawahannya serta harus memperhatikan pembagian dan penyelesaian tugas bagi setiap anggota organisasi yang sesuai dengan jenis pekerjaannya, dan tidak boleh terlalu mementingkan hubungan baik dengan anggotanya sehingga mengorbankan penyelesaian tugas secara baik dan tepat waktu. Jadi, gaya kepemimpinan yang tepat adalah memperhitungkan taraf kematangan anggota organisasi dengan situasi yang ada, apabila telah terbina hubungan dengan baik, tetapi kesadaran untuk bekerja dari para anggota belum memadai, maka pemimpin harus berusaha menciptakan kesadaran kepada bawahannya untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan sebaik mungkin.
  5. Prinsip Kerjasama, administrator disebut berhasil dalam melakukan tugasnya apabila mampu mengembangkan kerjasama antara seluruh anggota organisasi baik secara horizontal maupun vertikal. Pelaksanaan kerja yang bertujuan untuk mencapai efisiensi dalam menggunakan dana, tenaga, waktu serta adanya semangat untuk bekerja pada seluruh anggota organisasi. Dengan usaha berbagai sumber kerja yaitu, pikiran, tenaga, waktu dana yang tersedia.

Wajib baca: kenapa manajemen personalia sangat vital?

Asas Administrasi Pendidikan

terdapat dua asas administrasi pendidikan di sekolah yaitu sebagai berikut: 

  1. Asas adil, bahwa pelaksanaan administrasi pada suatu negara bergantung pada sistem pendidikan yang dianut oleh negara tersebut.
  2. Asas Operasional / Prinsip, guna mencapai tujuan pendidikan nasional dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN) disebutkan bahwa sistem pendidikan sekolah di Indonesia harus mengalami pembaharuan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan

Hadarawi Nawawi menyatakan bahwa secara umum ruang lingkup administrasi berlaku juga di dalam administrasi pendidikan. Dimana ruang lingkup tersebut meliputi bidang-bidang kegiatan sebagai berikut:

Manajemen administratif (administrative management), Bidang kegiatan ini disebut pula dengan  management of administrative function yaitu berupa kegiatan-kegiatan yang bertujuan mengarahkan agar semua orang dalam organisasi/kelompok kerja sama mengerjakan hal-hal yang tepat sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Manajemen operatif (operative management), Bidang kegiatan ini disebut pula dengan management of operative function yakni berupa kegiatan-kegiatan yang bertujuan mengarahkan dan membina agar dalam mengerjakan pekerjaan yang menjadi beban tugas masing-masing setiap orang melaksanakan dengan tepat dan benar.

Nah itulah artikel peranan administrasi pendidikan. Semoga pengertian adminitrasi pendidikan ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai manfaat administrasi pendidikan silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Bakat adalah?

Lain kali admin akan membuat sasaran administrasi pendidikan dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

pertanyaan tentang fungsi administrasi pendidikan:

1.  Apa arti administrasi pendidikan menurut kamu?

Posting Komentar untuk "9 Fungsi Administrasi Pendidikan : Pengertian Menurut Para Ahli & Tujuannya"