Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Keuntungan Dan Kerugian Bisnis Waralaba : Pengertian, Jenis Dan Biaya

contoh waralaba
contoh waralaba

Faktasantuy - Pengertian warabala. Pada hari ini kita akan membahas materi waralaba (franchise). Nah apa definisi waralaba? apa jenis waralab? apa tipe waralaba? apa saja biaya waralaba? apa saja keuntungan dan kerugian warabala? dan apa saja contoh waralaba yang bagus? Silakan teman-teman simak franchise adalah dan contoh franchise berikut ini ya.

Pengertian Warabala

Waralaba (franchising) bisa disebut dengan franchise yang berarti hak atau kebebasan, merupakan suatu hak-hak menjual suatu produk, jasa, atau layanan. Di indonesia bisnis waralaba berupa suatu perikatan dimana salah satu pihak diberi hak untuk menggunakan atau memanfaatkan suatu karakter dari sebuah usaha milik pihak lain dengan membayar suatu imbalan kepada pihak yang menjadi pemberi hak. Dengan maksud waralaba sebagai suatu penjualan sebuah paket usaha komprehensif dan siap pakai yang didalamnya mencakup sebuah merek dagang, material hingga pengolaan manajemennya. Wajib baca: Pengertian manajemen konstruksi

Pengertian Warabala Menurut Para Ahli

Adapun beberapa Pengertian Warabala Menurut Para Ahli, yaitu sebagai berikut:

  1. Asosiasi Franchise Indonesia, pengertian warabala adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana sang pemilik merek memberikan suatu haknya kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan sebuah bisnis dengan nama, merek, sistem, prosedur, manajemen dan cara-cara yang sudah ditentukan sebelumnya dalam jangka waktu dan meliputi wilayah tertentu.
  2. David J.Kaufmann, pengertian warabala yaitu sebuah sistem pemasaran dan distribusi yang dijalankan oleh institusi bisnis kecil (franchisee) yang digaransi dengan membayar sejumlah fee, hak terhadap akses pasar oleh franchisor dengan standar operasi yang mapan dibawah asistensi franchisor.
  3. Reitzel, Lyden, Roberts & Severance, franchise adalah sebagai sebuah kontrak atas barang yang intangible yang dimiliki oleh seseorang (franchisor) seperti merek yang diberikan kepada orang lain (franchisee) untuk menggunakan barang (merek) tersebut pada usahanya sesuai dengan teritori yang disepakati.

Wajib baca: Pengertian manajemen investasi

Keuntungan Bisnis Waralaba

  1. Konsep bisnisnya telah jelas dan dibantu dengan Pelatihan sehingga bisnis berjalan sesuai dengan konsep
  2. Menjalankan konsep bisnis yang telah berjalan dan dikenal oleh masyarakat
  3. Kontrol bisnis sudah dibantu oleh sistem
  4. Bisa berkonsultasi dengan penyedia waralaba setiap kendala yang diahadapi di lapangan
  5.  Pengembangan bisnis dipikirkan juga oleh penyedia waralaba

Kerugian Bisnis Waralaba

  1. Rugi bila memilih waralaba karena di awal kita telah menyetorkan uang franchise fee yang nilainya cukup besar
  2. Keuntungan yang didapat sebagian penyedia waralaba menetapkan bagi hasil
  3. Sebagian penyedia waralaba tidak banyak membantu dalam mengembangkan bisnis, sebab hanya memberikan konsep, mentrasfer konsep tetapi mereka tidak bertanggung jawab terhadap kesuksesan bisnis, mereka lepas tangan terhadap perjalanan bisnis selanjutnya.
  4. Apabila bisnis utama mendapat masalah maka akan berpengaruh terhadap bisnis waralaba yang lainnya.
  5. Pajak tinggi

Jenis-jenis Waralaba

Waralaba dibagi menjadi dua jenis yaitusebagai berikut:

  1. 1. Waralaba Luar Negeri/Asing, berupa waralaba yang berasal dari luar negeri, dan cenderung lebih banyak disukai karena sebuah sistem dan mekanismenya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi, seperti McDonald’s, (KFC) Kentucky Fried Chicken, Pizza Hut, dan lain sebagainya.
  2. 2. Waralaba Dalam Negeri, berupa waralaba yang berasal dari dalam negeri, waralaba inipun menjadi salah satu pilihan dalam investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak mempunyai pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba, seperti Alfamart, Martha Tilaar, Roti Buana, Edward Forrer, Bogasari Baking Center dan lain sebagainya.

Wajib baca: pengertian manajer dan tugas manajer

Jenis Jenis Waralaba

Dalam pelaksanaannya, terdapat jenis jenis waralaba, yaitu sebagai berikuit:

  • Trade Name Franchising, franchise mendapatkan  hak untuk memproduksi, contohnya pada PT. Great River memiliki hak untuk memproduksi pakaian dalam Triumph dengan lisensi dari jerman.
  • Product Distribution Franchising, franchise mendapatkan hak untuk berdistribusi di wilayah tertentu, misalnya  seperti cosmetics.
  • Pure Franchising / Bisiness Format, franchise mendapatkan hak sepenuhnya, dimulai dari trademark, penjualan, peralatan, metode operasi, strategi pemasaran, bantuan manajemen dan teknik, pengendalian kualitas, dan lain sebagainya. seperti fast food, pendidikan, dan konsultan.

Biaya Waralaba

Biaya waralaba terdiri dari, yaitu:

  • Ongkos awal, dimulai dari Rp. 10 juta sampai deng Rp. 1 miliar. Berkaitan dengan pengeluaran yang dikeluarkan oleh pemilik waralaba untuk membuat tempat usaha sesuai dengan spesifikasi franchisor dan ongkos penggunaan HAKI.
  • Ongkos royalty, yang dibayarkan pemegang waralaba setiap bulan dari laba operasional yang berkisar dari 5-15 persen dari penghasilan kotor. 

Contoh Bisnis Waralaba

 Berikut ini contoh usaha waralaba di indonesia.

  1. Waralaba di bidang makanan seperti CFC
  2. Waralaba dibidang retail mini outlet seperti Indomaret dan Alfamart
  3. Di bidang Telematika atau Information and Communication Technology, seperti distribusi tinta printer refill/cartridge (X4Print) pendidikan komputer (Binus), distribusi peralatan komputer (Micronics Distribution), Warnet / NetCafe (Java NetCafe, Net Ezy), Kantor Konsultan Solusi JSI , dll.
  4. waralaba di bidang pendidikan seperti Science Buddies, ITutorNet.

Nah itulah artikel materi bisnis waralaba. Semoga rangkuman bisnis waralaba ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai harga franchise alfamart dan indomaret silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Materi manajemen file

Lain kali admin akan membuat biaya franchise dan contoh franchise, ditunggu saja ya.

contoh bisnis waralaba / contoh usaha franchise:

1. KFC

2. Indomaret

3. Alfamart

4. Pizzahut

5. MCDonald

Posting Komentar untuk "10+ Keuntungan Dan Kerugian Bisnis Waralaba : Pengertian, Jenis Dan Biaya"