Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Lengkap] Proses Bisnis - Pengertian, Tahapan, Karakteristik, Tipe, Contoh

prosesn-bisnis

Faktasantuy - Pengertian proses bisnis. Pada hari ini kita akan membahas rangkuman proses bisnis perusahaan. Nah apa itu bisnis proses adalah? apa saja tahapan proses bisnis? apa saja karakteristik proses bisnis? apa tipe proses bisnis? dan apa contoh proses bisnis? Silakan teman-teman simak definisi proses bisnis sistem berikut ini ya. Baca: Jelaskan yang dimaksud dengan promosi?

Pengertian Proses Bisnis

Pengertian proses bisnis adalah sebagai sekumpulan pekerjaan atau aktivitas yang terstruktur dan saling berkaitan untuk menyelesaikan suatu masalah atau untuk menghasilkan produk ataupun layanan serta untuk meraih suatu tujuan tertentu. Proses bisnis dapat dibagi menjadi beberapa subproses yang masih-masih proses memiliki atribut sendiri namun juga memiliki kontribusi untuk mencapai sebuah tujuan dari subprosesnya. Pada umumnya dalam analisis proses bisnis melibatkan pemetaan sebuah proses dan subproses di dalam sampai dengan tingkatan kegiatan atau aktivitas.

Pengertian Proses Bisnis Menurut Para Ahli

  1. Davenport (1993) Aktivitas yang terukur dan terstruktur untuk memproduksi output tertentu untuk kalangan pelanggan tertentu.
  2. Hammer dan Champy’s (1993) Kumpulan aktivitas yang membutuhkan satu atau lebih inputan dan menghasilkan output yang bermanfaat/bernilai bagi pelanggan.


Analisis Proses Bisnis

Terdiri dari serangkaian kegiatan yang dimulai dari survei terhadap bisnis proses dan survei terhadap lingkungan organisasi dan teknisnya. Mulai dari identifikasi, analisa, validasi hingga penggambaran model bisnis proses. Nah itulah analisis proses bisnis.


Desain Proses Bisnis

Hasil dari analisis bisnis proses lalu direview kembali oleh tim dalam perusahaan, salah satunya dengan teknik workshop, brainstorming dan simulasi berdasarkan data dan fakta yang ada sehingga menciptakan satu bentuk perbaikan dari proses bisnis. Kemudian dimodelkan kembali proses bisnisnya menjadi satu bentuk proses bisnis yang baru yang telah disempurnakan.


Tahapan / Siklus Proses Bisnis

Terdapat empat tahap proses bisnis dan siklus proses bisnis, yaitu sebagai berikut:

  1. Design (Perancangan) pada tahap ini dilakukan survei terhadap bisnis proses dan lingkungan organisasi serta lingkungan teknis. Berdasarkan hasil survei, bisnis proses diidentifikasi, ditelaah, divalidasi dan digambarkan dengan bisnis proses model.
  2. Konfigurasi Sebelum menggunakan sistem terutama dalam hal aplikasiny perlu dicoba apakah sudah berjalan  sesuai yang direncanakan atau belum. Lakukan pelatihan personel dan migrasi aplikasi jika diperlukan
  3. Identifikasi proses bisnis adalah pelaksanaan pada tahap inilah ujian sebenarnya dari sistem benar-benar diuji dalam aktivitas sehari-hari oleh perusahaan. Apakah sistem dan aplikasi yang dibangun telah benar-benar dapat menjalankan bisnis proses dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan. pada tahap ini pula dihasilkan log informasi dari proses yang telah dijalankan sebagai dasar evaluasi di tahap berikutnya.
  4. Evaluasi, Log informasi yang dihasilkan dievaluasi menggunakan teknik monitoring akitivitas bisnis dan penggalian proses. Dengan tujuan untuk mengidentifikasi model proses bisnis dan kecukupan dari lingkungan operasional. lalu siklus ini berputar berkelanjutan, setelah dilakukan evaluasi akan ditemukan poin-poin dimana bisa dilakukan improvement atau perbaikan atas proses bisnis yang telah dilakukan. Kemudian kembali akan dilakukan desain dan analisis, konfigurasi dan implementasi. Siklus ini akan terus dilakukan dengan interval waktu tertentu, misal per tahun, tiap 5 tahun atau tiap 10 tahun tergantung dari waktu yang telah disepakati bersama.


Karakteristik Proses Bisnis

Adapun beberapa karakteristik dari proses bisnis, yaitu sebagai berikut:

  1. Definitif: harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas.
  2. Urutan: harus terdiri dari sebuah aktivitas yang memiliki tahapan yang sesuai dengan waktu dan ruang.
  3. Pelanggan: harus memiliki suatu penerimaan hasil proses
  4. Nilai tambah: Transformasi yang terjadi dalam proses bisnis memberikan nilai lebih pada menerima.
  5. Keterkaitan: Suatu kegitan atau proses tidak dapat berdiri sendiri, akan tetapi harus terkait dalam struktur suatu organisasi.
  6. Fungsi silang: pada umumnya suatu proses, meskipun tidak harus, memiliki atau mencakup beberapa fungsi. 

Wajib baca: Pengertian manajemen investasi


Tipe Proses Bisnis

  1. Sebuah proses yang pengendalian operasional sebuah sistem. Seperti Manajemen Strategis
  2. Sebuah proses yang memiliki bisnis inti dan meliputi aliran nilai utama. seperti proses pembelian, manufaktur, pengiklanan dan pemasaran, dan penjualan.
  3. Proses pendukung, yang mendukung proses inti. Seperti rekrutmen, akunting, pusat bantuan dll.


Contoh Proses Bisnis Dalam Sistem Informasi

Sistem Informasi (SI) sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari manusia, piranti lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber daya data yang mentransformasi, mengumpulkan serta mendistribusikan informasi di dalam organisasi, nah itulah contoh proses bisnis. Wajib baca: 

Nah itulah artikel ringkasa bisnis proses manajemen. Semoga rangkuman materi analisis proses bisnis ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai bisnis proses manajemen silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Teori pengambilan keputusan

Lain kali admin akan membuat fungsi bisnis dan contoh perencanaan bisnis, ditunggu saja ya.

Posting Komentar untuk "[Lengkap] Proses Bisnis - Pengertian, Tahapan, Karakteristik, Tipe, Contoh"