Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Diskusi Menurut 3 Ahli: Ciri, Macam, Tujuan, Unsur, Jenis dan Contoh

diskusi-adalah

Faktasantuy - Diskusi. Pada hari ini kita akan membahas pengertian diskusi. Nah apa itu arti diskusi? Silakan teman-teman simak materi diskusi berikut ini ya. Nah yang kita bahas hari ini adalah jelaskan pengertian diskusi? tujuan diskusi? jenis jenis diskusi? contoh diskusi dll. Baca juga: pengertian studi kepustakaan

Diskusi adalah interaksi atau komunikasi antara dua orang atau lebih ataupun kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka ataupun kelompok dalam bentuk ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar.

Pengertian Diskusi

Pengertian diskusi adalah interaksi atau komunikasi antara dua orang atau lebih ataupun kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka ataupun kelompok dalam bentuk ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berawal dari pembahasan apa saja disebut topik. Diskusi topik ini dibahas lalu berkembang yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik. Baca juga: Contoh teks berita

Sedangkan pengertian diskusi kelompok adalah diskusi yang dilakuakn oleh kelompok tertentu lebih dari 2 orang yang bertujuan untuk membahas sesuatu.

Pengertian Diskusi Menurut Para ahli

Berikut pengertian diskusi menurut para ahli:

1. Moh. Surya (1975:107)

Menyatakan bahwa diskusi kelompok adalah proses di mana siswa akan mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi pengalaman mereka sendiri dalam memecahkan masalah umum. Dalam diskusi ini tertanam pula tanggung jawab dan harga diri.

2. Menurut Hasibuan, 1985

Menyatakan bahwa diskusi adalah visi dari dua atau lebih individu yang saling berinteraksi secara verbal dan dengan saling bertatap muka tentang tujuan atau target yang telah diberikan dengan cara pertukaran informasi atau mempertahankan.

3. Moh. Uzer Usman , 2005

menyatakan bahwa diskusi kelompok adalah proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang di wajah informal untuk menghadapi interaksi dengan berbagai pengalaman atau informasi, kesimpulan atau solusi untuk masalah.

Ciri-ciri Diskusi

ada 4 ciri ciri diskusi:

  1. Berlangsung atau terdiri dari dua orang atau lebih. 
  2. Berlangsung dalam interaksi tatap muka dengan mengemukakan media bahasa, semua anggota memperoleh kesempatan mendengarkan dan mengeluarkan pendapat masing-masing secara bebas langsung.
  3. Memiliki tujuan atau sasaran yang akan dicapai melalui kerja sama antar anggota.
  4. Berlangsung dalam suasana bebas, teratur dan sistematis dengan aturan main yang telah disepakati bersama.

Macam-Macam Diskusi

Berikut macam macam diskusi ada 8:

  1. Seminar, Pertemuan para ahli yang mencoba untuk mendapatkan kesepakatan tentang suatu hal.
  2. Sarasehan, Pertemuan yang diadakan untuk mendengar pendapat pertanyaan (infrastruktur) ahli / masalah di daerah tertentu.
  3. Lokakarya/Sanggar kerja, Pertemuan yang dilakukan untuk membahas pekerjaan/karya.
  4. Simposium, Pertemuan yang digelar untuk singkat menjalang pelaksanaan kegiatan.
  5. Muktamar, Perwakilan dari organisasi pertemuan untuk membuat keputusan tentang masalah yang dihadapi secara bersama.
  6. Konferensi, Pertemuan yang dilakukan untuk membahas masalah yang dihadapi bersama-sama.
  7. Diskusi panel, Diskusi yang diselenggarakan oleh (peserta diskusi panel) panel dan menyaksikan / dihadiri oleh beberapa pendengar, dan diatur oleh moderator.
  8. Diskusi kelompok, Pemecahan masalah yang melibatkan kelompok-kelompok kecil

Tujuan Diskusi

Berikut tujuan diskusiada 3:

  1. Diskusi diadakan sebagai sarana untuk memecahkan dan menyelesaikan suatu masalah, bukan malah memperumit ataupun mempersulit suatu masalah atau bahkan sampai membuat masalah yang baru.
  2. Diskusi diadakan sebagai sarana untuk menuntut ilmu serta menambah wawasan, bukan membuat suatu pemahaman yang membuat bingung peserta diskusi.
  3. Diskusi diadakan sebagai ajang untuk belajar saling menghargai berbagai pendapat, belajar untuk beretika, serta berbicara didepan umum.

Unsur-unsur Diskusi

  1. Materi.
  2. Manusia, sebagai pelaksana. Terdiri dari moderator, notulis, peserta serta pemakalah/penyaji.
  3. Perlengkapan

Jenis Diskusi

Berikut jenis jenis diskusi:

  1. Diskusi formal (resmi)
  2. Diskusi nonformal (tidak resmi)

Metode Diskusi

  1. Harus dapat menciptakan suasana akrab antar individu ataupun anggota kelompok.
  2. Diperlukan untuk saling mengenal karakter, perilaku dan watak setiap individu agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diperlukan.
  3. Tidak mencari keuntungan pribadi atau golongan.

Nah itulah artikel pengertian dari diskusi. Semoga pengertian diskusi ini dapat membuat kamu pandai cara berdiskusi  ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai diskusi kelas silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Contoh diskusi dialog interaktif 

Lain kali admin akan membuat contoh diskusi kelompok dan laporan diskusi, ditunggu saja ya. Contoh diskusi bisa di klk disini.

Soal:

  1. diskusi kelompok membutuhkan seorang leader yang disebut?
  2. sebutkan 5 kewajiban yang harus dipenuhi peserta diskusi?
  3. perbedaan seminar dan diskusi panel?
  4. keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil?

Posting Komentar untuk "Pengertian Diskusi Menurut 3 Ahli: Ciri, Macam, Tujuan, Unsur, Jenis dan Contoh"