Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Kalimat Sumbang: Pengertian, Ciri, Cara Menemukannya

Faktasantuykalimat sumbang adalah. Pada hari ini kita akan membahas definisi kalimat sumbang. Nah kalimat sumbang adalah? apa saja ciri kalimat sumbang? dan apa saja contoh kalimat sumbangSilakan teman-teman simak arti kalimat sumbang berikut ini ya.

kalimat-sumbang

Pengertian Kalimat Sumbang

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat sumbang adalah kalimat yang tidak mendukung bahkan bertolak belakang dengan kalimat utamanya. Kalimat sumbang disebut juga dengan kalimat tidak padu. baca juga: 93 contoh kalimat simpleks dan kalimat komplek

Kata sumbang adalah dapat timbul akibat dari kesalahan penulisnya dalam menuangkan ide, maupun unsur kesengajaan yang disampaikan sebagai umpan balik kepada pembacanya. Kalimat sumbang yang berupa umpan balik tersebut, biasanya berupa humor maupun informasi tambahan. Jadi arti kalimat sumbang adalah kalimat yang bertolak belakang dengan kalimat utama.

Ciri-Ciri Kalimat Sumbang

Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat sumbang, sebagai berikut:

  1. Memiliki ide dalam proposal bahkan dapat berlawanan dengan gagasan utama penulis.
  2. Kalimat ini seringkali tidak berhubungan ataupun bersangkutan dengan usulan sebuah ide.
  3. Penawaran ini tidak memiliki berhubungan dengan penawaran sebelum atau sesudah.

Cara Menemukan Kalimat Sumbang

Adapun beberapa cara dalam menemukan kalimat sumbang yaitu sebagai berikut:

  1. Bacalah paragraf secara keseluruhan, kemudian temukan gagasan utama dan kalimat utamanya.
  2. Setelah mengetahui kalimat dan gagasan utamanya, bacalah kalimat-kalimat tersebut apakah saling mendukung dan saling terkait satu sama lain, misalnya apakah kalimat utamanya sesuai dengan kalimat-kalimat pendukungnya atau kalimat penjelasnya tidak sesuai atau tidak mendukung kalimat utamanya. Apabila terdapat keganjilan atau keanehan saat membacanya, kemungkinan kalimat tersebut adalah kalimat sumbang
  3. Bacalah secara berulang kalimat tersebut untuk memastikannya kembali.

Contoh Kalimat Sumbang

Contoh-contoh dari kalimat sumbang, adalah sebagai berikut:

baca juga: Dialog interaktif

1. Contoh Kalimat Sumbang Singkat

a) Hari ini, seluruh murid sekolah akan mengikuti ujian kenaikan kelas. Adi sudah belajar dengan baik semenjak semalam untuk mengikuti ujian hari ini. Adi pun telah mempersiapkan semua perlengkapan ujian. Dalam kesehariannya Adi paling suka bermain bola.

b) Dila adalah anak tunggal keluarga Suroto. Dila paling disayang dan dimanja oleh keluarganya sampai-sampai menjadi keras kepala. Dila terlambat pergi sekolah hari ini. Hal ini menyebabkan Dila menjadi egois dan tidak jarang kali memaksa jika menginginkan sesuatu.

c) Mobil Ayah mogok pagi ini, sampai-sampai Ayah mesti pergi ke kantor dengan bus. Ibu mengantar adik ke sekolah. Karena tergesa-gesa, isi kantong Ayah ketinggalan.

d) Nita paling suka memasak. Meskipun masih kecil, namun nita paling mahir dalam menciptakan kue. Nita tidak mau menggarap PR-nya. Nita memang telah diajarkan memasak oleh ibu semenjak kecil.

e) Matahari telah terbit semenjak tadi, namun Riko belum bangun juga. Masakan Ibu sepertinya tidak cukup garam. Padahal pagi ini dia mesti mengikuti ujian olahraga.

f) Baju yang diserahkan oleh Ayah paling cantik. Aku sangat menyukainya. Ayah pergi ke kantor dengan motor. Aku tidak jarang kali memakainya masing-masing aku hendak pergi jalan-jalan dengan Ayah.

g) Liburan telah tiba. Tika bakal pergi mendatangi nenek. Pesawat ditunda sampai jam 8 nanti. Ia paling senang liburan di lokasi tinggal nenek sebab ada tidak sedikit hal baru yang dapat ia kerjakan disana.

2. Contoh Kalimat Sumbang dalam Paragraf

Contoh kalimat sumbang 1

(1) Meitya ialah murid yang berprestasi di sekolah. (2) Di SMA lokasinya bersekolah, Meytia sukses menjadi murid yang mendapat hasil UN tertinggi. (3) Tidak hanya itu, nilainya pun menjadi yang terbaik se-kabupaten. (4) Nilai dua mata pelajaran sukses diperoleh secara sempurna. (5) Meitya sangat kegemaran memasak kuliner tradisional. (6) Sekarang Meytia sedang menantikan pengumuman dari di antara universitas ternama di Jogja apakah Meytia sukses diterima guna menjadi mahasiswa kedokteran.

Inti percakapan pada paragraf di atas ialah tentang Meitya yang merupakan murid berprestasi. Oleh karena tersebut kalimat penyokong tentunya bercerita mengenai prestasi Meitya di sekolah. Dari seluruh kalimat di paragraf tersebut, kalimat (5) tidak cocok dengan pokok pembicaraan. Ini sebab kalimat (5) berkata tentang kegemaran memasak Meytia.

Contoh kalimat sumbang 2

 (1) Kesehatan dan daya tahan tubuh didukung oleh pola olahraga. (2) Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. (3) Hal ini sangat penting sebab olahraga ialah aktivitas yang bisa melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. (4) Ketika proses metabolisme dalam tubuh berlangsung dengan baik maka seluruh zat dari makanan yang dikonsumsi bisa diserap dengan baik. (5) Zat makanan yang diserap oleh tubuh ini lantas akan menjadi nutrisi untuk organ tubuh. (6) Apabila masing-masing organ dalam tubuh bisa melakukan kegunaannya dengan baik maka secara otomatis tubuh anda akan terhindar dari gangguan penyakit. (7) Maka dari itu, olahraga sangat menciptakan tubuh lelah dan berkeringat.

Inti dari paragraf diatas ialah tentang “olahraga yang teratur dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh”. Jika dilihat secara seksama, kalimat yang tidak cocok dengan pokok pembicaraan ialah kalimat (7). Kalimat ini adalah kalimat sumbang pada contoh 2 ini.

Contoh kalimat sumbang 3

(1) Tempat tinggal sementara sekitar aku kuliah di kota ini hanyalah di kamar berukuran 3 x 4 m ini. (2) Ruangan ini memiliki satu pintu, satu jendela, dan dua lubang ventilasi. (3) Di dalam kamar ini terdapat satu lemari kecil di sudut ruangan, kasur ukuran single, satu dispenser, satu magicom kecil, dan meja belajar kecil. (4) Tidak terdapat dipan di kamarku, sebab kasur aku letakkan begitu saja di lantai. (5) Kamarku dulunya disewa oleh seorang wanita. (6) Barang-barangku pun tidak terlampau banyak. (7) hal ini karena aku hendak kamarku tampak simple dan tidak rumit. (8) Untuk mendukung hal itu, aku mewarnai kamarku dengan warna biru.

Inti dari paragraf di atas ialah mengenai situasi kamar. Jenis paragraf ini condong pada jenis paragraf deskriptif. Jika dibaca dengan seksama, maka ditemukan satu kalimat yang tidak cocok dengan kalimat yang lainnya yakni kalimat (5). Jadi, kalimat sumbang pada contoh 3 ini ialah kalimat (5).

Nah itulah artikel pengertian kalimat sumbang beserta contoh kalimat sumbang. Semoga pengertian kalimat sumbang dan contoh kata sumbang ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai arti kalimat sumbang menurut para ahli maka silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Kalimat definisi adalah?

Lain kali admin akan membuat kalimat penjelas yang sumbang dan contoh soal kalimat sumbang, ditunggu saja ya. Baca juga: Contoh kalimat langsung dan tidak langsung

Posting Komentar untuk "10 Contoh Kalimat Sumbang: Pengertian, Ciri, Cara Menemukannya"