Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Pengertian Promosi Menurut Para Ahli - Tujuan, Fungsi, Komponen, Bentuk

contoh-banner-promosi
Contoh Banner Promosi

Faktasantuy - Jelaskan yang dimaksud dengan promosi?. Pada hari ini kita akan membahas materi promosi. Nah jelaskan apa yang dimaksud promosi? apa tujuan promosi? apa fungsi promosi? apa komponen promosi? dan apa bentuk promosi? Silakan teman-teman simak rangkuman promosi berikut ini ya. Baca juga: Pengertian manajemen investasi


Pengertian Promosi

Jelaskan yang dimaksud dengan promosi? arti promosi berasal dari kata bahasa Inggris promote yang berarti meningkatkan atau mengembangkan. Apabila digunakan dalam bidang penjualan berarti alat untuk meningkatkan omzet penjualan. Promosi memiliki perbedaan dipandang dalam segi produsen dan konsumen.

Bagi produsen, pengertian promosi adalah kegiatan untuk menginformasikan produk atau jasa, merayu konsumen untuk membeli serta mengingatkan para konsumen untuk tidak melupakan produk. Sementara bagi konsumen, promosi berupa komunikasi antara produsen dan konsumen. Kegiatan promosi adalah salah satu cara perusahaan (barang/jasa) untuk meningkatkan volume penjualan produknya.

Wajib baca: Materi manajemen file


Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian promosi menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

Sistaningrum (2002:98), definisi promosi adalah sebagai suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan saat ini atau dimasa yang akan datang.

Gitosudarmo (2000:237), promosi menurut Gitosudarmo adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan kemudian menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

Menurut Kotler (2000:119), pengertian dari promosi adalah sebagai bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

Rambat Lupiyoadi (2006:120), pengertian dari teknik promosi adalah sebagai salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa. Kegiatan promosi tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinganan dan kebutuhannya.

Stanton (1993), suatu kegiatan memberikan informasi kepada konsumen, memengaruhi, dan menghimbau khalayak ramai.

Saladin (2003),berupa salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen tentang produk perusahaan.

Swastha (1991), pengertian promotion ialah sebuah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

Zimmerer (2002), teori promosi adalah segala jenis bentuk komunikasi persuasi yang  dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dan periklanan.

Nah itulah definisi promosi menurut para ahli.

Wajib baca: pengertian marketing dan konsep pemasaran


Tujuan Dan Fungsi Promosi

Tujuan promosi adalah untuk mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian dan tidak hanya sekedar berkomunikasi ataupun menyampaikan informasi, akan tetapi juga menginginkan komunikasi mampu menciptakan suasana/keadaan dimana para pelanggan bersedia memilih dan memiliki produk, Swasta (2000:245-246) menyebutkan adapun beberapa tujuan dan fungsi promosi yaitu sebagai berikut:

Memberikan Informasi, menjadi nilai tambah suatu barang dengan memberikan informasi kepada konsumen, dapat memberikan informasi baik tentang barangnya, harganya, ataupun informasi lain yang memiliki kegunaan kepada konsumen. Tanpa adanya informasi ini orang malas atau tidak akan mengetahui banyak tentang suatu barang, demikian promosi dijadikan suatu alat bagi penjual dan pembeli untuk meberitahu kepada pihak lain tentang kebutuhan dan keinginan mereka, sehingga kebutuhan dan keinginan tersebut dapat dipengaruhi dengan mengadakan pertukaran yang memuaskan.

Membujuk Dan Mempengaruhi, juga bersifat untuk membujuk terutama kepada pembeli-pembeli potensial, dengan menywbutkan bahwa suatu produk lebih baik dari pada produk yang lainnya.

Menciptakan Kesan (Image), dapat memberikan kesan tersendiri bagi calon konsumen untuk produk yang diklan kan, sehingga pemasar menciptakan promosi sebaik mungkin seperti untuk promosi periklanan “advertising” dengan menggunakan warna, ilustrasi, bentuk atau layout yang menarik.

Promosi Merupakan Suatu Alat Mencapai Tujuan, dapat digunakan untuk mencapai tujuan yakni untuk menciptakan pertukaran yang menguntungkan melalui komunikasi, sehingga keinginan dapat terpenuhi. Dalam hal ini komunikasi dapat menunjukkan cara-cara untuk mengadakan pertukaran yang saling memuaskan.


Komponen – Komponen Promosi

Kombinasi strategi dari variabel-variabel periklanan, Dan berikut ini komponen dalam promosi.

  1. Periklanan, sebagai bentuk penyajian dan promosi non pribadi tentang ide barang dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu
  2. Personal Selling, informasi disajikan secara lisan dalam suatu percakapan dengan satu atau lebih pembeli yang ditujukan untuk mencapai target penjualan
  3. Promosi Penjualan, berupa suatu kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong pembelian konsumen dan efektifitas pengecer. Kegiatan tersebut seperti: pertunjukan, pameran, demonstrasi dan sebagainya.
  4. Publisitas, sebagai suatu usaha mendorong permintaan secara non pribadi untuk suatu produk, jasa atau ide dengan menggunakan berita komersial di dalam media massa dan sponsor yang tidak dibebani biaya secara langsung.


Bentuk Promosi

Promosi merupakan suatu kebijakan perusahaan dalam kegiatan mempromosikan produk, adapun beberapa bentuk dari promosi, yaitu sebagai berikut:

  1. Publications (Publikasi), Perusahaan dapat mengusahakan dengan penerbitan tertentu untuk meningkatkan citra perusahaan.
  2. Event (Kegiatan), dirancang secara tepat dapat mencapai suatu tujuan public relations tertentu.
  3. News (Pemberitaan), Semua usaha dilakukan agar aktivitas tertentu dari perusahaan menjadi bahan berita di media massa.
  4. Community Involvement (Kepedulian pada masyarakat), Perusahaan berusaha untuk akrab dan juga ramah dengan masyarakat di sekitarnya. Hal ini terutama perlu pada saat sebuah cabang suatu perusahaan didirikan di suatu daerah baru.
  5. Identity Media (Penggunaan Media sebagai Identitas), Semua stationery yang digunakan, mulai dari kartu nama, kertas, maupun amplop, harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan citra suatu perusahaan. Selain itu identity media juga dapat diterapkan pada sarana dan sarana/prasarana lain, seperti gedung, mobil pengangkut barang, dan lain sebagainya.
  6. Lobbying (Mempengaruhi), melakukan kontak pribadi secara informal untuk mencapai tujuan tertentu.
  7. Social Investment (Investasi Sosial), perusahaan dapat merebut hati masyarakat yang ditujunya dengan melakukan partisipasi sosial seperti pembangunan jembatan, masjid, taman, dan fasilitas umum lainnya.

Nah itulah artikel pengantar promosi. Semoga ringkasan materi promosi ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai perencanaan promosi yang bagus silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Materi pengantar manajemen S1

Lain kali admin akan membuat materi media promosi dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Posting Komentar untuk "8+ Pengertian Promosi Menurut Para Ahli - Tujuan, Fungsi, Komponen, Bentuk"