Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Massa Adalah : Dampak Positif & Negatif, Contoh, Jenis, Fungsi

Faktasantuy - media massa. Pada hari ini kita akan membahas media massa,. Nah apa itu media massa? apa contoh media massa? apa saja jenis media massa? apa karakteristik media massa? apa fungsi dan peran media massa? Silakan teman-teman simak juga pengertian komunikasi massa berikut ini ya. 

Pengertian Media Massa

media-massa
Ilustrasi media massa

Sebelum mengenal media massa, kamu harus tau pengertian komunikasi dulu, lihat disini pengertian komunukasi. Baca juga: apa itu komunikasi daring?

Pengertian media massa? Media massa berawal dari bahasa Inggris: Mass Media” denagn singkatan yang berasal dari Media Komunikasi Massa dalam bahasa Inggris Mass Communication Media, jadi media massa adalah sebagai sarana penyampaian pesan-pesan, aspirasi masyarakat, sedangkan komunikasi massa adalah alat untuk menyebarkan berita ataupun pesan kepada masyarakat langsung secara luas.

Proses komunikasi dengan media massa adalah tahapan-tahapan komunikasi yang dilakukan orang-orang melalui media penghubung.

Contoh Media Massa

Contoh komunikasi massa dalam kehidupan sehari hari melalui:
  1. Koran
  2. Majalah
  3. TV
  4. Radio
  5. Reklame
  6. Internet
  7. Social Media
  8. dll

Jenis-Jenis Media Massa

Adapun jenis-jenis media massa, yaitu sebagai berikut:

  1. Media massa Cetak, contohnya seperti: Majalah, Koran, Surat Kabar dll.
  2. Media massa Elektronik, contohnya seperti: Radio, TV, Film atau Video dll.
  3. Media massa Siber, contohnya seperti: Media Sosial, Website, Portal Berita, Blog dll.

Setiap jenis media massa memiliki sifat yang khas itulah sebanya penggunaannya juga harus diperhitungkan sesuai kemampuan dan sifat khasnya.

Karakteristik Media Massa

Adapun beberapa karakteristik media massa yaitu sebagai berikut:

  1. Publisitas, yakni disebarluaskan kepada masyarakat atau publik.
  2. Universalitas yakni pesannya yang bersifat umum, mengenai segala aspek kehidupan serta semua peristiwa di berbagai tempat, maupun menyangkut mengenai kepentingan umum sebagai sasarannya masyarakat umum.
  3. Kontinuitas, yakni berkesinambungan sesuai dengan priode mengudara ataupun jadwal terbitnya.
  4. Aktualitas, yakni berisikan hal-hal baru, aktualitas dapat diartikan kecepatan penyampaian informasi kepada masyarakat umum.
  5. Periodisitas yakni tetap atau berkala, seperti misalnya harian, mingguan ataupun siaran sekian beberapa jam per harinya.

Fungsi Media Massa

Adapun fungsi media massa yang diantaranya yaitu sebagai:

  1. Pemberi informasi, terhadap masyarakat umum, secara tepat waktu.
  2. Alat pengambilan keputusan, memiliki peran dalam menghantarkan informasi untuk mengambil keputusan.
  3. Bahan untuk diskusi, memperjelas permsalahan yang dihadapi serta menyampaikan pesan-pesan para pemuka masyarakat.
  4. Pendidik, sebagai pemberi pendidikan kepada masyarakat melalui berbagai macam informasi.

Peran Media Massa di Era Globalisasi

Adapun beberapa peran penting media massa di era yang serba modern. Salah satunya yaitu sebagai penentu identitas suatu bangsa. Perkembangan dunia media massa sekarang ini seperti perkembangan teknologi dunia elektronik, penggunaan internet secara luas dan penggunaan telepon seluler, yang secara tidak langsung memfasilitasi proses globalisasi dalam dunia jurnalistik. Melalui internet, atau penggunaan telepon genggam yang juga memiliki fasilitas internet, segala sesuatu dari dunia luar begitu mudah masuk ke Indonesia. Baca juga: Dampak positif dan negatif komunikasi

Itulah sebabnya, dengan sisi positif dengan adanya globalisasi, media massa dapat berperan dalam mencerdaskan masyarakat. hal inilah yang menjadi agenda terbesar media massa. kemudian dapat menjadi penggerak aktivitas sosial masyarakat. Serta sebagai suatu instrumen pemberi warta tentunya sebuah koran, misalnya, memiliki sebuah kekuatan persuasif tersendiri untuk mengajak masyarakat melakukan sesuatu. Peran propaganda sebuah media massa sangatlah kuat, yang mampu memobilisasi masyarakat untuk membantu penderitaan korban bencana, seperti pembentukan posko keprihatinan, terdapat beberapa media baik cetak, radio maupun televisi telah membuka berbagai posko maupun pundi amal. Cara inilah hendaknya diperluas dalam berbagai segmen aktivitas: sosial, budaya, ekonomi, politik.

Media Massa Sebagai Media Sosialisasi

Media massa disebut sebagai suatu bentuk komunikasi dan rekreasi yang menjangkau masyarakat secara luas sehingga pesan informasi yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.  Yang terdiri dari media cetak (surat kabar, brosur, baleho, buku, majalah, tabloid) dan media elektronik (radio, televisi, video, film, piringan hitam, kaset, CD/DVD). Dan disebut juga sebagai media sosialisasi yang berpengaruh  pula terhadap perilaku masyarakat. Pesan-pesan yang ditampilkan melalui media elektronik dapat mengarahkan masyarakat ke arah perilaku prososial maupun antisosial. Baca:

Apa itu indeks buku?

Faktor-faktor pemilihan media massa sebagai media sosialisasi

  1. Terkhusus televisi, telah begitu memasyarakat.
  2. Memiliki ppengaruh terhadap proses sosialisasi.
  3. Orang-orang lebih mengandalkan informasi yang berasal dari media massa dinbandingkan dari orang lain.
  4. Para orang tua dan pendidik, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama, dapat meminimalisasikan pengaruh negatif mediamassa dan mengoptimalkan dampak positifnya.

Dampak pemanfaatan media massa

  • Terkait pengaruh keberadaanmedia massa secara fisik.
  • Berkaitan dengan terjadinya perubahan pada apa yang diketahui, difahami, atau dipersepsi siswa.
  • Efek afektif, seperti berkenaan dengan timbulnya perubahan pada apayang dirasakan, disenangi, atau dibenci siswa.
  • Efek behavioral, seperti berkaitan pada perilaku nyata yang dapatdiamati, yang mencakup pola-pola tindakan kegiatan, atau kebiasaanberperilaku

Dampak Positif Media Massa Sebagai Media Sosialisasi

Memberi Informasi Secara Luas

Contoh :

  • Masyarakat dapat memperoleh informasi secara luas sehingga pesan informasi yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat dari berbagai sumber, terutama dari media media massa, baik melalui siaran televisi dan radio (media elektronik), surat kabar dan majalah(media cetak), komputer pribadi, atau bahkan dari internet.
  • Televisi juga memiliki pengaruh positif seperti merangsang interaksi, merangsang eksperimen dan pertumbuhan mental social anak, serta memperluas cakrawala pengetahuan.
  • Di Indonesia salah satunya, televisi juga dimanfaatkan untuk menayangkan siaran-siaran pendidikan, seperti yang dilakukan oleh TVRI, TVI, dan TV Edukasi (TVE).
  • Media massa berperan sebagai media pendidikan diperlukan untuk membantu guru dalam menumbuhkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Pengalaman langsung siswa di lingkungan masyarakat, dramatisasi, pameran dan kumpulan benda-benda, televisi dan film, radio recording, gambar, foto, grafik, bagan, chart, skema, peta, majalah, surat kabar, buletin, folder, pamflet dan karikatur dalam berbagai ukuran yang sesuai dapat memperluas pengetahuan siswa.

Dampak Negatif Media Massa Sebagai MediaSosialisasi

  • Penghilangan Privacy

Contoh:

Pemberitaan sebuah kasus perkosaan seorang gadis di kebun tebu oleh media massa di Jawa Timur pada awal Desember 2008. Sebuah media cetak memuat foto lokasi perkosaan dilengkapi insert foto wajah si korban. Media itu juga menyebutkan alamat lengkap korban, nama lengkap korban, dan nama orangtuanya. Ironisnya, sampai sekarang pelakunya belum ditangkap dan media tidak mempersoalkan hal ini.

  • Meningkatnya Kekerasan

Contoh:

Dalam sebuah film, perempuan selalu digambarkan sebagi korban, diperkosa, disakiti. Sosialisasi kekerasan ini akan menjadi lingkaran setan bila film itu sukses dalam pemasaran, karena akan memberi inspirasi kepada produser lain untuk memproduksi film yang serupa atau bahkan lebih keras. Film terakhir yang diputar di India adalah tentang mafia yang diberi nilai humanis untuk kejahatan bawah tanah yang dilakukannya.

Dengan demikian, perempuan mendapatkan haknya dengan membalas dendam, yang artinya melakukan kekerasan. Dalam sebuah film yang lain, perempuan digambarkan mencari keadilan dengan membunuh memakai sabit.

Nah itulah artikel komunikasi media massa dan contoh media massa. Semoga pengertian komunikasi massa ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai contoh komunikasi massa dalam kehidupan sehari hari silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Teks diskusi adalah?

Lain kali admin akan membuat pengertian komunikasi massa menurut para ahli dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Posting Komentar untuk "Media Massa Adalah : Dampak Positif & Negatif, Contoh, Jenis, Fungsi"