Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Pengertian Lirik Lagi Menurut Para Ahli: Fungsi & Maknanya

lirik-adalah

Faktasantuy - lirik adalah?. Pada hari ini kita akan membahas lirik lagu adalah?. Nah apa pengertian lirik lagu? apa fungsi lirik lagu? apa makna lirik lagu? Silakan teman-teman simak lirik lagu adalah berikut ini ya.

Baca juga: 100 contoh majas personifikasi

Pengertian Lirik Lagu

Lirik lagu adalah susunan/rangkaian kata yang bernada, lirik lagu tidak segampang menyusun karangan, namun dapat diperoleh dari berbagai inspirasi. Inspirasi tersebut dapat diperoleh dari pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Lirik lagu dapat diartikan sebagai sebuah ekspresi seseorang tentang suatu hal yang sudah dilihat, didengar maupun dialaminya. 

Penyair atau pencipta Lagu melakukan permainan kata-kata dan bahasa untuk menciptakan daya tarik dan kekhasan terhadap lirik atau syairnya ketika sedang mengekpresikan pengalamanya. Seringkali lirik atau syair lagu dianggap sebagai puisi begitu pula sebaliknya. 

Hal serupa juga dinyatakan oleh Jan van Luxemburg (1989) yaitu pengertian mengenai teks-teks puisi tidak hanya mencakup jenis-jenis sastra melainkan juga ungkapan yang bersifat pepatah, pesan iklan, semboyan-semboyan politik, syair-syair lagu pop dan doa-doa.

Pengertian Lirik Lagu Menurut Para Ahli

Adapun pengertian lirik lagu menurut beberapa para ahli yaitu, sebagai berikut:

1. Awe (2003-51)

Menyatakan arti syair lagu seperti permainan vokal gaya bahasa dan penyimpangan makna kata merupakan permainan bahasa dalam menciptakan lirik lagu. Notasi musik serta melodi disesuaikan dengan lirik digunakan untuk memperkuat lirik, yang sehingga pendengar semakin terbawa dengan apa yang dipikirkan pengarangnya.

2. Jan Van Luxemburg (1989)

Menyatakan bahwa arti lirik atau syair lagu adalah puisi begitu pula sebaliknya dan sesuai, seperti definisi teks-teks puisi tidak hanya mencukup jenis-jenis sastra melainkan juga ungkapan yang bersifat iklan, pepatah, semboyan, doa-doa dan syair lagu pop.

3. Rachmat Djoko Pradopo (1990)

Lagu artinya Menyatakan bahwa harus mengetahui apa yang dimaksud dengan puisi apabila pengertian lirik lagu dianggap sama dengan puisi. Puisi diartikan sebagai rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting dan diubah dalam wujud yang berkesan.

4. Wellek & Warren (1989: 14-15)

Pengertian lirik lagu adalah Lirik bersifat sifat ambigu dan penuh ekspresi yang menyebabkan bahasa sastra cenderung untuk mempengaruhi, membujuk dan pada akhirnya mengubah sikap pembaca. Hubungan unsur musik dengan unsur lirik lagu merupakan salah satu bentuk komunikasi massa dari lagu yang terbentuk dan lagu oleh komunikator kepada komunikan dalam jumlah yang besar melalui media massa berfungsi sebagai media penyampaian. Lirik lagu berisikan pesan maupun lisan dan kalimat-kalimat dengan fungsi menciptakan suasana serta gambaran imajinasi kepada pendengar dan menciptakan makna yang beragam. Dan berfungsi sebagai media komunikasi seperti bersimpati tentang realitas dan cerita imajinatif.

Baca juga: 10 contoh teks drama singkat 

Fungsi Lagu

Fungsi lagu dapat digunakan untuk mendorong semangat seperti pada masa perjuangan, menyatukan perbedaan, mempermainkan emosi dan perasaan seseorang dengan tujuan menanamkan sikap atau nilai yang kemudian dapat dirasakan orang sebagai hal yang wajar, benar dan tepat. 

Kata yang digunakan didalam lirik lagu tidak seperti bahasa sehari-hari dan memiliki sifat yang ambigu, sehingga untuk menemukan makna pada lirik lagu dengan metode semiotika yang notabene merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang sistem tanda. Tanda ini diartikan selain dipengaruhi oleh budaya dan persepsi dan bagaimana tanda memaknai keadaan sekitar.

Makna Lirik Lagu

Untuk menemukan makna dari pesan yang ada pada lirik lagu, maka digunakan metode semiotika yang notabene merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang sistem tanda. Berawal dari bagaimana tanda itu diartikan, dipengaruhi oleh persepsi dan budaya, dilanjutkan dengan bagaimana tanda membantu manusia memaknai keadaan sekitarnya.  Littlejohn mendefinisikan bahwa tanda atau sign merupakan suatu basis dari seluruh komunikasi.

Nah itulah artikel lagu artinya?. Semoga arti syair lagu ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai makna lagu silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: kata imbuhan atau afiksasi

Lain kali admin akan membuat makna cinta lirik dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Posting Komentar untuk "4 Pengertian Lirik Lagi Menurut Para Ahli: Fungsi & Maknanya"