Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2+ Contoh Kultum Tema Bersyukur dan Ikhlas Terbaru

contoh-kultum


Pengertian Kultum

Faktasantuy.comCeramah singkat Kultum (kuliah tujuh menit) diartikan sebagai seni dalam menyampaikan ilmu pengetahuan dalam hal ini tentang agama secara singkat, padat dan tepat. Meskipun disampaikan dalam tujuh menit, namun pembahasannya cukup dalam sehingga bisa menjadi pengingat untuk  muslim dan Muslimah. Kultum  ini digunakan untuk menyampaikan kebaikan agar pendengar tergerak untuk melakukan kebaikan pula. Disampaikan dengan santai dan diselingi dengan sumber, mengutip surat dalam Al-Qur’an atau hadist. Baca: Rangkuman 2 contoh kultum

Nah inilah materi ceramah singkat terbaru:


Contoh Kultum Singkat dalam Berbagai Tema

Bagi yang ingin menyampaikan kultum dengan berbagai tema dapat melihat contoh-contohnya di bawah ini. Baca juga: 100+ judul skrpsi SDM

1. Ceramah Kultum Singkat dengan tema Bersyukur

Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan kita kesempatan dan kenikmatan untuk dapat berkumpul dan menjemput ilmu pada detik ini. Semoga kita semua selalu diberkahi oleh Allah SWT, Aamiin.

Shalawat beriring salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, suri tauladan terbaik sepanjang masa yang sangat mencintai umat hingga keluar dari zaman jahiliyah dan bisa menikmati iman dan Islam hingga saat ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bersyukur. Sudahkah Anda bersyukur hari ini? Berbicara tentang bersyukur, berhubungan dengan perasaan yang mudah dikatakan namun sangat sulit untuk dijalankan. Bersyukur adalah perasaan dan sifat yang tinggi karena mampu menerima semua keadaan dengan lapang dada meskipun pahit kan tetapi tetap mensyukurinya. Tanpa kita sadari, setiap hari kita telah mendapat berbagai nikmat yang tidak dapat diukur secara materi, seperti kesehatan, anggota tubuh yang berfungsi dengan baik, nikmat Islam, dan yang lainnya. Sebagian besar orang hanya menikmati materi, sedangkan hal lainnya tidak dirasakan.

Allah SWT berfirman dalam Surat An-Nahl ayat 78 yang artinya Dan Allah  SWT mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu apapun, dan DIA memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur. Hal ini juga dinyatakan dalam hadis Bukhari dan Muslim yang berbunyi : “Lihatlah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah kepadamu”. Adapun beberapa manfaat yang didapat dari rasa bersyukur, seperti :

  1. Allah SWT akan memberikan ridha kepada kita dan meningkatkan nikmat yang diberikan
  2. Dijauhkan dari azab Allah SWT
  3. Mendapat pahala dari Allah SWT
  4. Disenangi sebab selalu berpikir positif dan hidup bahagia karenanya

Berdasarkan manfaat di atas, Anda akan memperoleh banyak kebaikan setelah bersyukur. Tentunya rasa syukur tersebut adalah bentuk ketaatan dan ibadah yang dikhususkan untuk Allah SWT. Semoga kita senantiasa dimudahkan untuk bersyukur, Aamiin. Demikian kultum yang bisa saya sampaikan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca juga: Contoh 10 drama singkat

2. Ceramah Kultum Singkat Tentang Ikhlas

Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat Iman dan Islam, dan telah memberikan limpahan rahmat dan karunia-Nya. Sehingga kita bisa bersilaturahmi, menimba ilmu, dan mendekatkan diri pada-Nya. Semoga kita semua diberkahi  dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. Shalawat beriring salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Rasulullah SAW sebagai suri tauladan sepanjang masa, yang sangat mencintai umatnya, serta membawa umatnya keluar dari zaman jahiliyah dan kita bisa menikmati Iman dan Islam saat ini.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tentang ikhlas. Ikhlas merupakan sikap memurnikan tujuan hanya untuk Allah SWT. Dalam hal ini, Allah SWT merupakan satu-satunya tujuan dalam ketaatan kita. Mengabaikan pandangan makhluk terhadap apa yang kita lakukan adalah sah, dalam hal ini fokus kita adalah pada penilaian Allah SWT. Orang ikhlas merupakan orang yang paling bahagia, sebab setiap aktivitas yang dilakukan serta apapun yang diterima akan diterima dengan lapang dada. Hal ini tidak akan menimbulkan sikap iri hati yang menyebabkan penyakit didalam diri. Ikhlas dapat dijalankan dalam setiap aktivitas, misalnya dalam bekerja, dalam beribadah, dalam mengajar, dan lain sebagainya. Dalam konteks ibadah, ikhlas berarti melakukan ibadah karena Allah SWT sahaja. Hal ini merupakan amalan khusus yang diberikan untuk Allah SWT. Dalam agama, ikhlas dan kejujuran adalah prioritas dalam hidup. Dimana keduanya akan memberikan penerangan dan kemudahan untuk dijalankan. Setiap perilaku wajib dilandasi keikhlasan agar selalu mendapat keberkahan.

Setelah kita memahami makna tentang ikhlas, hendaklah kita mulai menjalankan, memupuk, dan senantiasa melatih diri untuk ikhlas dalam setiap aktivitas. Semoga mulai detik ini, kita berubah menjadi orang yang ikhlas dalam semua perilaku yg dilakukan dan diterima oleh Allah SWT.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca juga: 

Nah itulah artikel contoh ceramah singkat Apabila kamu ingin bertanya mengenai materi ceramah singkat, silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Standar akhlak yang baik

Lain kali admin akan membuat artikel judul ceramah yang menarik untuk kultum, ditunggu saja ya. Pertanyaan tentang ...

Posting Komentar untuk "2+ Contoh Kultum Tema Bersyukur dan Ikhlas Terbaru"