Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Berbuka Puasa (Bahasa Arab dan Artinya) Beserta Dalil

doa-berbuka-puasa
bacaan doa berbuka puasa


Dalil terkait Berbuka Puasa

Faktasantuy.com - doa berbuka puasa. Dalam tuntunan ajaran Islam, terdapat beberapa dalil yang menjelaskan dengan rinci mengenai berbuka puasa. Mulai dari waktu berbuka, tata cara berbuka, doa berbuka puasa, hingga dengan amalan-amalan sunnah yang bisa dilaksanakan saat berbuka puasa. Baca juga: Standar akhlak yang baik

1. Waktu Pelaksanaan Buka Puasa

Riwayat dari HR. Bukhari Muslim menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

إِذَا أَقْبَلَ اللَّيْلُ مِنْ هَا هُنَا ، وَأَدْبَرَ النَّهَارُ مِنْ هَا هُنَا ، وَغَرَبَتِ الشَّمْسُ ، فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ

Artinya: “Apabila malam menjelang dan siang pergi, dan matahari terbenam, maka orang yang berpuasa hendaknya berbuka.”

Hadist ini menjelaskan tentang hal yang berkaitan dengan perintah kapan waktu yang tepat untuk berbuka puasa. maka puasa harus dibatalkan ketika menjelang malam dan matahari telah terbenam. Berbuka puasa harus diupayakan ketika telah masuk waktunya dan tidak boleh ditunda.

2. Berbuka dengan Makanan Manis

Dari riwayat Anas bin Malik R.A yang menyatakan bahwa:

 Artinya:

“Rasulullah SAW berbuka dengan kurma basah (ruthab), apabila tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), apabila tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.”

3. Menyegerakan Berbuka Puasa

Riwayat HR. Bukhari Muslim menyebutkan Rasulullah SAW pernah bersabda:

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya: “Senantiasa manusia dalam kebaikan menyegerakan berbuka.”

Rasulullah SAW mengajarkan untuk menyegerakan berbuka puasa tanpa menunda-nunda. Sebab, selain termasuk  dalam sunnah, Allah SWT juga menyukai hamba-Nya yang menyegerakan berbuka setelah berpuasa. 

4. Membaca Basmallah Sebelum Berbuka Puasa

Doa ketika berbuka puasa yaitu Rasulullah SAW  bersabda, dari riwayat Wahsyi bin Harb, yakni:

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا نَأْكُلُ وَلاَ نَشْبَعُ. قَالَ  (فَلَعَلَّكُمْ تَفْتَرِقُونَ ). قَالُوا نَعَمْ. قَالَ (فَاجْتَمِعُوا عَلَى طَعَامِكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ يُبَارَكْ لَكُمْ فِيهِ

Artinya: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami  telah makan dan tidak merasa kenyang? kemudian  Rasulullah pun bersabda: “Kemungkinan kalian makan dengan sendiri-sendiri.” Mereka menjawab, “Ya Rasullulah.” Dan Beliau bersabda: “Maka hendaknya kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah SWT, maka kalian akan diberi berkah padanya.” (HR. Abu Daud )

5. Membaca Doa Berbuka Puasa

Membaca niat berbuka puasa termasuk dalam sunnah. Terdapat beberapa hadist terkait hal ini. Yakni salah satunya:

عَنْ مُعَاذِ بْنِ زُهْرَةَ، أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَ عَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Artinya: “Sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika rasulullah SAW berbuka puasa, beliau membaca (doa), ‘Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu’ (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka). (Dari Mu’adz bin Zuhrah)

6. Tidak Berlebihanan dalam Berbuka

Rasulullah SAW bersabda:

مَا مَلأَ ابْنُ آدَمَ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ بِحَسَبِ ابْنِ آدَمَ لُقَيْمَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ كَانَ فَاعِلاً فَثُلُثُ لِطَعَامِهِ وَثُلُثُ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

Artinya: Tidak ada tempat paling buruk yang dipenuhi isinya oleh manusia, terkecuali perutnya. Karena kenyataannya cukup baginya beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Meskipun ia ingin makan, hendaknya ia atur dengan cara sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya. (HR. Ahmad, an-Nasa’i dan At-Tirmidzi). 

Baca juga: Sejarah ilmu tertua di dunia yaitu filsafat


Doa Berbuka Puasa (Arab dan Artinya)

Doa berbuka puasa beserta artinya? Terdapat beberapa doa berbuka puasa yang sahih digunakan. Umat Islam boleh menggunakan salah satu diantaranya yang dianggap mudah, yakni 4 doa yang dibaca ketika berbuka puasa, berikut doa berbuka puasa arab dan artinya antara lain adalah sebagai berikut.

1.  مِيْنَ اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِ

Artinya: Ya Allah untuk-Mu aku berpuasa dengan-Mu aku beriman dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

2.  ل مِنَّا، اِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيمُ اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَا وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْنَا، اَللَّهُمَّ تَقَبَّ

Artinya: “Ya Allah , untuk-Mu dan karena-Mu kami berpuasa, atas rezeki-Mu kami berbuka, maka terimalah (puasa) kami. Sesungguhnya, Engkau dzat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.”

3. اَللَّهُمَّ إنِّي أَسْألُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ، أنْ تَغْفِرَ لِيْ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang mencakup segala sesuatu, agar Engkau mengampuniku.”

4. ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Artinya: “Telah hilang rasa haus, telah basah urat-urat, dan telah pasti ganjaran atas kehendak Allah Ta’ala.”

Nah itulah artikel doa berbuka puasa dan artinya. Semoga dengan adanya artikel doa niat berbuka puasa ini maka puasa kamu kyusuk. Lain kali admin akan membuat doa sahur dan berbuka puasa. Soal: tuliskan doa berbuka puasa.

Baca juga: 6 agama yang diakui di indonesia

Posting Komentar untuk "Doa Berbuka Puasa (Bahasa Arab dan Artinya) Beserta Dalil"