Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13+ Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli, 5 Teori dan 5 Gaya

kepemimpinan

Faktasantuy - 5 Gaya Kepemimpinan. Pada hari ini kita akan membahas teori kepemimpinan. Nah apa itu pengertian kepemimpinan? Silakan teman-teman simak definisi kepemimpinan menurut para ahli beserta rangkuman lainnya berikut ini ya.

Pengertian Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi atau memberi suatu contoh oleh pemimpin kepada para pengikutnya untuk mencapai tujuan organisasi. Cara alami untuk belajar kepemimpinan yaitu dengan melakukan pekerjaan praktek sebagai magang di sebuah terampil seniman, pengrajin, atau praktisi. Nah silakan disimak juga teori kepemimpinan menurut para ahli:

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian kepemimpinan menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

  1. William G. Scott, pengertian pemimpin ialah suatu proses mempengaruhi kegiatan yang diselenggarakan dalam suatu kelompok dalam upayanya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
  2. F. I. Munson “The Management of Man”, diartikan sebagai kemampuan atau kapasitas untuk mengatasi orang-orang sehingga mencapai hasil yang maksimal dengan kemungkinan gesekan terkecil dan mungkin pembentukan terbesar dari kerjasama.
  3. Ordway Tead, kepemimpinan adalah sebagai temperamen merger yang membuat seseorang mungkin dapat mendorong beberapa orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.
  4. Hemhill dan Coon, leadership adalah sebuah sikap seorang individu yang memimpin aktivitas kelompok pada tujuan yang akan dicapai bersama-sama.
  5. Rauch dan Behling, pengertian kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi aktivitas kelompok yang terorganisir terhadap pencapaian tujuan.
  6. Kartini Kartono, pengertian kepemimpinan yang baik merupakan karakter yang khas, spesifik, diperlukan dalam situasi tertentu.
  7. Tannenbaum, Weschler dan Massarik, pemimpin yang baik yaitu suatu pengaruh antar pribadi, yang dijalankan dalam situasi tertentu, dan diarahkan melalui proses komunikasi, untuk mencapai tujuan tertentu atau lebih.
  8. P. Pigors, pengertian pemimpin yaitu suatu proses mendorong dan mendorong melalui interaksi dikelola dari berbagai perbedaan individu, mengendalikan kekuatan seseorang dalam mengejar tujuan bersama.
  9. Stephen J. Carrol dan Henry L. Tosj, kepemimpinan dalam organisasi sebagai suatu proses suatu mempengaruhi orang lain untuk melakukan apa yang ingin mereka lakukan.
  10. Theo Haiman dan William G.Scott, pemimpin adalah berupa proses beberapa orang diarahkan, dipimpin dan dipengaruhi dalam pemilihan dan pencapaian tujuan.
  11. Duben, leadership artinya suatu kegiatan pemerintah dan pengambil keputusan.
  12. Reed, Kepemimpinan adalah cara mempengaruhi perilaku seseorang untuk melawan bisa dilakukan menyusul kehendak pemimpin.
  13. James M. Black, pengertian leadership suatu kemampuan yang mampu meyakinkan orang lain untuk bekerja sama di bawah kepemimpinannya menjadi tim terpadu untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Nah itulah 13 pengertian kepemimpinan menurut para ahli.

Teori Kepemimpinan

Adapun beberapa teori dari seorang pemimpin, yaitu sebagai berikut:

1. Teori Kepemimpinan Sifat

Keith Devis menyebutkan terdapat 4 rumusan sifat umum yang berpengaruh terhadap keberhasilan kepemimpinan organisasi, antara lain yaitu : Kecerdasan, Kedewasaan dan Keluasan Hubungan Sosial, Motivasi Diri dan Dorongan Berprestasi, dan Sikap Hubungan Kemanusiaan.

2. Teori Kepemimpinan Perilaku dan Situasi

  • Sturktur Konsiderasi yaitu berupa kecendrungan seorang pemimpin yang menggambarkan hubungan akrab dengan bawahan. misalnya seperti : seorang pemimpin membela bawahan, memberi masukan kepada bawahan dan bersedia berkonsultasi dengan bawahan.
  • Struktur Inisiasi yaitu berupa Kecendrungan seorang pemimpin yangmemberikan batasan kepada bawahan. Misalnya seperti: bawahan mendapat instruksi dalam pelaksanaan tugas, kapan, bagaimana pekerjaan dilakukan, dan hasil yang akan dicapai.

3. Teori Kewibawaan Pemimpin

salah satu faktor penting dalam kehidupan kepemimpinan, sebab dengan faktor itu seorang pemimpin akan dapat mempengaruhi perilaku orang lain baik secara perorangan maupun kelompok sehingga orang tersebut bersedia untuk melakukan apa yang dikehendaki oleh pemimpin.

4. Teori Kepemimpinan Situasi

Seorang pemimpin harus menjadi seorang pendiagnosa yang baik dan harus bersifat fleksibel, sesuai dengan perkembangan dan tingkat kedewasaan bawahan.

5. Teori Kelompok

supaya tujuan kelompok atau organisasi dapat tercapai, harus ada pertukaran yang positif antara pemimpin dengan pengikutnya.

Wajib baca: Perbedaan pemimpin dengan kekuasaan

Gaya Kepemimpinan

Adapun beberapa gaya kepemimpinan, yaitu sebagai berikut:

1. Tipe Otoriter

  • Pemimpin bertindak sebagai diktator terhadap anggota kelompoknya. 
  • Memimpin ialah menggerakkan dan memaksa kelompok. 
  • Batasan kekuasaan hanya dibatasi oleh undang-undang.
  • Bawahan hanya bersifat sebagai pembantu
  • Bawahan berkewajiban mengikuti dan menjalankan perintah dan tidak boleh membantah atau mengajukan saran. harus mematuhi dan setia kepada pemimpin secara mutlak

2. Tipe Laissez-faire

  • pemimpin tidak memberikan kepemimpinannya maksudnya dengan membiarkan bawahannya berbuat sekehendaknya.
  • Pemimpin akan menggunakan sedikit kekuasaannya untuk melakukan tugas mereka. 
  • Sehingga sebagian besar keputusan diambil oleh anak buahnya. 
  • Pemimpin tipe ini tergantung pada bawahannya dalam membuat tujuan itu.
  • Mereka menganggap peran mereka sebagai pembantu usaha anak buahnya dengan cara memberikan informasi dan menciptakan lingkungan yang baik.

3. Tipe Demokratis

  • Pemimpin turut berbaur di tengah anggota kelompoknya.
  • Hubungan pemimpin dengan anggota bukan sebagai majikan dengan bawahan, tetapi lebih seperti kakak dengan adik.
  • Dalam tindakan dan usaha-usahanya ia selalu berpangkal kepada kepentingan dan kebutuhan kelompoknya
  • Mempertimbangkan kesanggupan dan kemampuan kelompoknya.

4. Tipe Pseudo-demokratis

disebut juga semi demokratis atau manipulasi diplomatic. 

hanya tampak bersikap demokratis padahal sebenarnya dia bersikap otokratis.

Seperti memiliki ide-ide, pikiran, atau konsep yang ingin diterapkan di lembaga Pendidikannya, maka hal tersebut akan dibicarakan dan dimusyawarahkan dengan bawahannya, tetapi situasi diatur dan diciptakan sedemikian rupa sehingga pada akhirnya bawahan dituntut agar menerima ide atau pikiran tersebut sebagai keputusan bersama. 

Menganut demokrasi semu yang lebih mengarah kepada kegiatan pemimpin yang otoriter dalam bentuk yang halus, samar-samar, dan yang mungkin dilaksanakan tanpa disadari bahwa tindakan itu bukan tindakan pimpinan yang demokratis.

5. Tipe Kharismatik

  • Memiliki karakteristik yang khas berupa daya tariknya yang sangat memikat sehingga mampu memperoleh pengikut yang sangat besar
  • Para pengikutnya tidak menjelaskan secara konkret mengapa orang tertentu itu dikagumi. 
  • Pengikutnya tidak mempersoalkan nilai yang dianut, sikap, dan perilaku serta gaya dari si pemimpin.

Wajib baca: Pengertian ilmu komunikasi

Sifat Seorang Pemimpin

Berikut 8 sifat kepemimpinan:

  1. Beri teladan tentang arti sukses kepada bawahan
  2. Beri bawahan Anda peralatan yang mereka butuhkan
  3. Jangan sungkan untuk memuji keberhasilan bawahan
  4. Berikan ruang untuk kesalahan
  5. Delegasikan tugas tanpa banyak turut campur
  6. Lebih baik bertanya daripada memberi nasihat
  7. Bersikaplah ramah
  8. Tak kenal maka tak sayang

Nah itulah artikel teori teori kepemimpinan, teori kepemimpinan dan gaya kepemimpinan. Semoga rangkuman kepemimpinan ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai teori kepemimpinan menurut para ahli silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Pengertian komunikasi daring dan caranya

Lain kali admin akan membuat contoh kepemimpinan yang baik dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Pertanyaan tentang kepemimpinan dalam perilaku organisasi:
1. pengertian gaya kepemimpinan?

Posting Komentar untuk "13+ Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli, 5 Teori dan 5 Gaya"