Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakta Unik Tentang Tangan Kidal, Kelebihan Dan Kekurangannya

faktasantuy.com - artis korea dengan tangan kidal. Apa yang dimaksud dengan tangan kidal? tangan kidal adalah orangorang yang memiliki kecendrungan mengerjakan pekerjaan dengan tangan kiri. Sekitar 10 persen masyarakat dunia aktif menggunakan tangan kiri alias kidal.

Dan menjadi kidal bukanlah hal yang mudah karena sering mendapat diskriminasi tangan kidal. Mulai dari alat-alat yang hanya cocok untuk tangan kanan hingga dicap berperilaku buruk dibandingkan mereka yang aktif dengan tangan kanan. Nah apa saja fakta mengenai tangan kidal?

Baca Juga: 7 Sikap Pria Yang Bikin Cewek Klepek-Klepek


Fakta-Unik-Tentang-Tangan-Kidal
artis korea dengan tangan kidal
Asal usul tangan kidal diungkapkan oleh para ilmuwan belum mengetahui dengan pasti penyebab seseorang kidal. Hingga kini masih diprediksi karena gabungan antara gen, lingkungan dan kebiasan.

Di luar itu, masih banyak fakta-fakta menarik tentang orang kidal seperti dikutip dari laman Huffington Post. Nah berikut fakta-fakta unik tentang orang kidal dan apa penyebab tangan kidal:

Baca Juga: TRAGIS! 12 Gamer Meninggal Karena Kecanduan Game


Lebih kreatif

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Psychology menyebutkan fakta orang tangan kidal ialah orang kidal memiliki satu segi kreatif. Tulisan tangan kidal pun bahkan lebih bagus dari pada orang yang tangan kanan.


Keuntungan di olahraga

Kelebihan tangan kidal menurut Pegolf Phil Mickelson dan petenis Rafael Nadal merupakan dua atlet hebat yang bertangan kidal dan mampu memberikan perlawanan hebat dalam pertandingan olahraga. Menurut sebuah artikel dalam buku The Puzzle of Left-Handedness, orang kidal memiliki keuntungan dalam permainan bisbol, tenis, dan tinju.


Lebih penakut

Fakta unik mengenai tangan kidal dalam konfrensi yang digelar The British Psychological Society, orang kidal cenderung penakut. Hal ini terkait dengan rasa takut oleh orang-orang di sekitarnya yang menggunakan tangan kanan. Anak dengan tangan kidal tentu lebih penakut.


Risiko tinggi psikosis

Rahasia orang tangan kidal ialah mereka yang aktif dengan tangan kiri memiliki risiko memiliki gangguan jiwa seperti diungkapkan peneliti dari Yale University di Connecticut.


Risiko disleksia dan gangguan suasana hati

Studi di tahun 2010 yang diterbitkan dalam Jurnal Pediatrics mengungkapkan uniknya tangan kidal memiliki risiko terkena disleksia (gangguan belajar yakni membaca dan menulis). Namun peneliti tak mengetahui persis kenapa hal ini bisa terjadi.


Pecandu rokok dan alkohol

Akibat tangan kidal memiliki kecendrungan lebih tinggi untuk kecanduan rokok dan alkohol.


Kidal berasal dari gen orang tua mereka

Faktor penyebab tangan kidal disebabkan oleh kedua orangtuanya juga kidal, maka ada kemungkinan 50% keturunan mereka juga akan kidal. Sementara jika kedua orangtua tidak kidal, kemungkinan tadi akan turun menjadi 2% saja.


Pupulasi kidal cuma 10% di dunia

Orang Kidal jumlah sampai saat ini sekitar 10% dari seluruh populasi dunia (National Geographic)


Orang kidal akan lebih cepat kaya

Jika Kamu pria, kidal, dan sedang kuliah, maka diperkirakan Kamu akan 15% lebih kaya daripada pria yang tidak kidal. Nah, kalau sampai tamat kuliah, pria kidal akan 20% lebih kaya!


Orang kidal umurnya lebih pendek/tangan kidal mati cepat

Menurut sebuah penelitian, ciri-ciri orang tangan kidal yaitu hidupnya 9 tahun lebih pendek dari yang tidak kidal. Bahaya tangan kidal ini merupakan sesuatu yang sangat menakutkan juga bagi segilintir pihak.

Nah itulah 10 Fakta Unik Tentang Tangan Kidal, mungkinkah kamu seorang kidal juga? kalau iya, kamu pasti merasa 10 fakta unik tangan kidal diatas memang ada didalam dirimu bukan?

Baca juga: Bocah 9 Tahun Ini Dijuluki Wanita Tercantik di Dunia

Nah itulah artikel mengenai apa itu tangan kidal dan fakta menarik tentang tangan kidal, semoga dapat menjawab rasa pensarasanmu tentang uniknya tangan kidal.

Baca Juga: 30 Kebiasaan Unik Orang Indonesia yang Dianggap Aneh Bule

    Posting Komentar untuk "10 Fakta Unik Tentang Tangan Kidal, Kelebihan Dan Kekurangannya"