Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Negara Yang Tidak Pernah Dijajah Dan Alasannya

faktasantuy.com - 12 negara negara yang tidak pernah dijajah di dunia - Penjajahan yaitu sebuah upaya untuk menguasai sebuah daerah atau negara lain demi satu buah kebutuhan tertentu contohnya menguras hasil alam dan memperbudak tenaga jajahan.

Negara yang lemah dapat dikuasai dengan gampang oleh Negara yang lebih berkuasa. Dalam sejarahnya nyaris seluruh negara yang ada di dunia telah terjajah oleh bangsa lain. Tapi nyata didunia ini ada negara-negara yang belum sempat sepanjang sejarahnya dijajah oleh negara lain.

Pasti kamu akan bertanya-tanya, negara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain adalah negara apa aja? dan negara manakah yang tidak pernah dijajah biarpun cuman 1 kali?  Inilah beberapa negara di dunia yang tidak pernah dijajah:


negara-yang-tak-pernah-dijajah
Ilustrasi
12 Negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing


Arab Saudi

negara-yang-tak-pernah-dijajah


Negara yang ternama juga sebagai lokasi kelahirannya Nabi Muhammad ini ber-ibu kota di Riyadh. Arab Saudi yaitu pusat awal perkembangan Islam didunia. Negara Arab Saudi mengaplikasikan system Kerajaan dalam pemerintahannya. Saudi Arabia yakni negara yang teramat tajir bersama sumber minyaknya. Sepanjang sejarahnya Negara yang paling ramai dikunjungi umat islam untuk menunaikan ibadah haji ini tak sempat sekalipun dijajah oleh negara manapun di dunia.


Islandia


negara-yang-tak-pernah-dijajah


Islandia dulunya ialah negara yang tak berpenduduk. Tetapi pada awal abad ke-9 Masehi datanglah sekumpulan pendeta asal Irlandia yang menempati wilayah tersebut. Disusul seterusnya oleh bangsa viking yang turut menempati kawasan Islandia. 

Baru kepada th 930-an Masehi, negara ini menciptakan suatu konstitusi mereka yang dinamakan althing, ialah suatu parlemen yang berpusat di kota Þingvellir. Negara Islandia mengaplikasikan system demokrasi sepanjang pemerintahan mereka, dan diyakini yang merupakan Negara berpaham demokrasi tertua didunia. Negara ini juga tak sempat dijajah oleh negara lain.


Swedia


negara-yang-tak-pernah-dijajah


Negara Swedia yakni Negara yang memanfaatkan system Kerajaan dalam pemerintahannya. Suatu Negara Nordik di Skandinavia ini ber-ibu kota di Stockholm. 

Swedia berbatasan dengan Finlandia di timur laut dan Norwegia di barat eropa. Negara Swedia diartikan sebagai tendensi liberal dengan keinginan penyetaraan yang kuat, dan dalam PBB Swedia menempati urutan paling tinggi dalam Indeks Pengembangan Manusia nya. Swedia juga tak sempat terjajah oleh negara lain sepanjang sejarahnya.


Denmark


negara-yang-tak-pernah-dijajah

Kopenhagen ialah Ibu Kota Negara ini. System pemerintahan yang dimanfaatkan Negara Denmark ialah Monarki Konstitusional dan Parlementer. 

Denmark adalah negara pendiri dari OECD dan Nato dan saat ini negara ini jadi anggota dari OSCE. Siapa yang menyangka Negara yang amat kecil dan terpencil seperti Denmark ini nyatanya belum sekalipun terjajah oleh bangsa lain.


Norwegia


negara-yang-tak-pernah-dijajah

Negara yg tak pernah dijajah adalah negara Norwegia. Norwegia yakni Negara Kerajaan yang terletak di Semenanjung Skandinavia di ujung barat yang berbatasan dengan Finlandia, Rusia, dan Swedia. Negara Nordik ini mempunyai pantai di Samudra Atlantik Utara yang teramat populer. Di Bawah kedaulatan yang dimilik Norwegia terdapat Jan Mayen dan Svalbard menurut traktat Svalbard.


Turki


negara-yang-tak-pernah-dijajah

Negara yang tak pernah dijajah oleh bangsa lain adalah negara Turki. Turki yaitu Negara Republik paling besar yang ada di kawasan Eurasia, dan Kota Istanbul yakni juga sebagai Ibu Kota nya. Menurut sejarahnya Negara Turki ini berdiri berawal dari satu buah pergerakan perlawanan pada Kekaisaran Byzantium dikala pertempuran yang disebut Manzikert. Maka kepada abad ke-11, Bangsa Turki sejak mulai berpindah ke wilayah yang disebut Turki, proses migrasi makin serta-merta dilakukan sesudah kemenangan Seljuk Melawan Byzantium.

Sesudah runtuhnya Kekaisaran Utsmaniyah dikala Perang Dunia I, separoh wilayahnya dikuasai oleh sekutu yang memenangkan PD I saat itu. Mustafa Kemal Atatürk seterusnya menyusun dan mengorganisasikan suatu aktivitas perlawanan kepada Sekutu. dan hasilnya kegiatan perlawanan tersebut sukses mendirikan Republik Turki Modiskepada th 1923. Presiden pertamanya ialah Atatürk. Sejak diwaktu itu hingga saat ini Negara Turki tak sempat dijajah oleh negara manapun.


Nepal 


negara-yang-tak-pernah-dijajah


Negara yang tak pernah dijajah di dunia ialah negara Nepal. Negara Nepal berdiri terhadap tanggal 21 Desember 1768. Yakni Negara Asia Selatan yang mempunyai batas dengan China di bagian utara dan India di barat, timur, dan selatan. Nepal yakni Negara yang menganut system Kerajaan dalam pemerintahannya. Raja pertamanya merupakan Prithvi Narayan Shah.

Dalam sebuah pertemuan resmi dikatakan bahwa Nepal yang berada di bawah lindungan Britain tak sempat dijajah oleh bangsa lain di dunia. Tapi dalam sekian banyak buku histori yang menyebar didunia menyatakan beragam macam pendapat berkaitan kepenjajahan di Negara ini. Tetapi biarpun begitu Negara Nepal tertulis sebagai salah satu Negara di Asia Selatan yang tak sempat merasakan penjajahan Negara lain di dunia.


Thailand


negara-yang-tak-pernah-dijajah

Negara asia tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain adalah ialah negara Thailand. Tahukah kamu bahwa Thailand merupakan satu-satunya negara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain di dunia. Apa alasan negara thailand tidak pernah dijajah? Berikut penyebabnya :

  1. Sejak dahulu Raja Thailand telah terhubung diri kepada negara asing. Rajanya tak segan-segan mengirimkan anak-anak Thailand buat bersekolah di luar negara, maka warga Thailand terhadap disaat itu tidak sedikit yang telah mempunyai pendidikan yang pass tinggi.
  2. Thailand yaitu daerah perbatasan dari negara-negara yang sudah dikuasai para penjajah.
  3. Negara Thailand dulunya ialah negara miskin, dan tanahnya tidaklah subur. Maka oleh lantaran itu para penjajah kurang tertarik untuk menjajah Negara yang dijuluki Negara Gajah Putih tersebut.  Oleh karena itu julukan negara thailand yang tidak pernah dijajah ialah negara gajah putih.



Ethiopia


negara-yang-tak-pernah-dijajah

Negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain adalahEthiopia. Negara yang terletak dikawasan Benua Afrika ini yakni Negara terbesar kedua di Afrika. Ibu Kotanya ialah Addis Ababad. Dalam sejarahnya kawasan Ethiopia jadi salah satu area penelitian paling tertua didunia.

Ethiopia ialah salah satu Negara di Afrika yang tak sempat merasakan kejamnya penjajahan oleh Bangsa lain didunia. Tapi tersiar berita mengejuntukan bahwa Ethiopia sebenarnya sempat dijajah oleh Bangsa Italia di tahun 1936 hingga 1941. Tetapi hal itu masihlah dipertanyakan sejarahnya, sebab belum ada kenyataan konkrit dari dugaan tersebut.


Yunani


negara-yang-tak-pernah-dijajah

Negara yg tidak pernah dijajah negara lain adalah negara tua Yunani. Seperti yang sama-sama kita ketahui, bahwa Yunani ialah Negara yang populer dengan dewa-dewa dan tokoh dunianya. Yunani yang ber-ibu kota di Athena ini pula termasuk juga kedalam salah satu dari 11 Negara Yang Tak Sempat Dijajah Oleh Negara Lain. Biarpun begitu dalam sejarahnya, Negara Dewa-Dewi ini serta sempat masuk ke dalam kawasan Turki Usmani.


Liberia


negara-yang-tak-pernah-dijajah

Negara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain adalah Liberia. Liberia adalah Negara Republik yang terletak di kawasan pesisir barat Benua Afrika yang mempunyai batas dengan Guinea, Pantai Gading, dan Sierra Leone. Liberia dalam sejarahnya pun tak sempat dijajah oleh Bangsa lain. 

Tapi belakangan ini berjalan perang saudara yang mengakibatkan kehancuran ekonomi dan menyebabkan beberapa ratus ribu penduduk Liberia mesti mengungsi ke daerah yang aman. Meski tak sempat dijajah oleh Bangsa lain. Negara Liberia justru dihancurkan oleh perang dari dalam negara mereka sendiri.


Jepang


negara-yang-tak-pernah-dijajah
Negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing adalah negara Jepang. Jepang ialah satu-satunya negara asia yang tak pernah dijajah oleh bangsa lain, itu dikarenakan negara ini sangat kuat pertahanan dan semangat rakyat mereka juga tinggi. Malahan Jepang menyerang Pearl Hourbour Amerika Serikat saat perang dunia ke II. Inilah alasan Jepang tak pernah dijajah oleh bangsa lain.

Begitu tadi penjelasan singkat menyangkut 12 Bangsa Yang Tak pernah Dijajah Oleh Bangsa Lain. negara yang tidak pernah dijajah adalah negara miskin dan negara yang susah menembus pertahanannya. Mudah-mudahan artikel di atas bakal menambah pengetahuan dan wawasan sobat seluruh.

Terima kasih telah membaca artikel 12 negara yang tak pernah dijajah oleh negara lain dan sejarah negara yang tidak pernah dijajah. Semoga dapat menambah wawasanmu tentang negara negara yang tak pernah dijajah.

Baca Juga :

Posting Komentar untuk "12 Negara Yang Tidak Pernah Dijajah Dan Alasannya"