Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Pencemaran Air, Penyebab, Dampak dan Solusi

akibat-dari-pencemaran-air
akibat dari pencemaran air

faktasantuy.com - Artikel pencemaran lingkungan air – Air merupakan salah satu sumber kehidupan. Air juga mempunyai fungsi yg sangat vital dlm kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan hampir semua penyusun badan manusia ialah air.

Baca: 10 Sungai Terpanjang di Indonesia Beserta KM nya!

Tidak hanya itu, air dipakai utk kebutuhan sehari – hari seperti utk mandi, mencuci baju & peralatan masak serta utk irigasi & lain – lain.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar pencemaran lingkungan air. Mulai dari Fungsi air bagi kehidupan, pencemaran air di lingkungan, sumber pencemaran air, akibat pencemaran air, penyebab pencemaran air, contoh pencemaran air, cara mengatasi pencemaran air, dll.

PENCEMARAN AIR DI LINGKUNGAN

Pencemaran air ialah masuknya komponen yg bercampur dgn air dapat menurunkan nilai air. Komponen tersebut antara lain ialah unsur, energi, & zat lainnya.Pencemaran air antara lain ialah pencemaran air laut, pencemaran air tanah, pencemaran sungai, & pencemaran air danau.

Berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997 menyebutkan bahwa pencemaran air dapat menurunnya nilai air akibat masuknya makhluk hidup, zat, energi ke dlm air akibat dari aktifitas manusia. Penurunan nilai air tersebut bisa dikarenakan dengan cara sengaja oleh aktifitas manusia. Contohnya ialah membuang sampah di sungai & lain – lain.

Baca selanjutnya: 7 Macam Ekosistem Dengan Pengertiannya, Ciri-Ciri dan Komponen

SUMBER PENCEMARAN AIR

Pencemaran air bisa dilihat berdasarkan indikator berikut ini:

Parameter Fisika

Paremeter ini dipakai utk mengenal tingkat pencemaran air. Salah satu indikator yg bisa diamati ialah warna air, bau, rasa, & kekeruhan.

Parameter Kimia

Dlm hal ini parameter yg diamati ialah pH, zat organik & jumlah besi berat dlm air.

Parameter Bakteriologi

Hal ini utk mengenal kandungan bakteri dlm air. Parameter yg diamati antara lain ialah jumlah coliform, puristik, & patogenik yg ada di air.

Parameter Suhu

Suhu bisa dijadikan indikator utk membuktikan bahwa sebuah perairan tersebut tercemar. Hal ini dikarenakan berbagai organisme seperti bakteri yg sangat peka thdp perubahan suhu pada air. Oleh sebab itu, jumlah populasi bakteri di sebuah lingkungan perairan bisa menjadi indikator pencemaran air.

Parameter Rasa & Bau

Salah satu indikator pencemaran air ialah terjadinya perubahan rasa & bau. Air yg jernih pada umumnya tidak mempunyai rasa & aroma ataupun biasa dikenal mempunyai pH netral. Air yg tercemar biasanya berbau busuk, aroma gas, terasa pahit & asam.

Parameter Warna. Air yg bersih & jernih berwarna transparan & tidak berbau.

Parameter kekeruhan

Kekeruhan juga bisa menjadi salah satu indikator bahwa air tersebut tercemar Kekeruhan pada air bisa dikarenakan oleh adanya tanah liat, lempung, air bercampur dgn limbah seperti limbah rumah tangga, limbah industri & meningkatnya jumlah mikroorganisme di dlm air

Sumber pencemaran air antara lain ialah sebagai berikut:
  1. Limbah rumah tangga seperti air sabun & sampah yg banyak orang membuangnya dengan cara sembarangan di sungai.
  2. Limbah industri. Banyak sekali limbah pabrik yg langsung dibuang ke sungai. Hal ini apabila dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan pencemaran air di sungai.
  3. Limbah Pertanian. Limbah ini berasal dari pupuk kimia & pestisida yg dipakai utk merawat tanaman. Hal ini bisa mencemari air yg terkandung di dlm tanah.
  4. Peternakan. Dlm peternakan sering memotong fauna baik tersebut ayam, bebek, sapi maupun kambing. Darah dari penyembelihan fauna tersebut bisa mencemari air apabila dibuang ke sungai ataupun dibuang sembarangan.
  5. Limbah kendaraan yg beroli juga bisa mencemari air.
  6. Sampah yg dibuang sembarangan juga bisa mencemari air, terutama air sungai. Hal ini dikarenakan banyak sekali orang yg membuang sampah di sungai. Tidak hanya bisa mencemari air, membuang sampah di sungai juga bisa memunculkan penyakit apabila tidak diatasi dgn baik.
  7. Penggundulan hutan juga bisa mencemari air. Hal ini dikarenakan tidak ada lagi pohon yg mengikat air tanah jadi jumlah air bakal berkekurangan.
  8. Di area pertambangan juga bisa memicu terjadinya pencemaran air & mengurangi jumlah air bersih.

Baca selanjutnya 10 Cara Meramal Cuaca Tanpa Bantuan Alat Canggih

PENYEBAB PENCEMARAN AIR

Ciri – ciri air yg tercemar ialah berwarna & tidak jernih, berbau & berasa. Air yg baik utk dipakai ialah berwarna jernih. Air yg berwarna pada umumnya berasal dari limbah baik limbah rumah tangga maupun limbah pabrik.

Air yg berbau juga disarankan utk tidak dipakai sebab bisa jadi air tersebut sudah tercemar oleh bahan kimia maupun dari aktivitas organisme di dlm air. Tidak hanya itu, air yg berasa juga haruslah dihindari supaya tidak dipakai sebab sudah tercemar.

Pencemaran air juga bisa dikarenakan oleh adanya besi berat yg berasal dari limbah industri. Diantaranya ialah berasal dari industri tekstil, cat, bahan – bahan kimia yg dipakai utk pupuk, pestisida & lain – lain. Tidak hanya itu, adanya limbah besi berat bisa berpengaruh kepada keseimbangan mikroorganisme di lingkungan perairan.

Faktor – faktor penyebab pencemaran air ialah sebagai berikut:

Sampah organik & anorganik

Sampah ini ialah salah satu penyebab pencemaran air. Hal ini dikarenakan banyak sekali sampah yg dibuang di sungai. Hal ini menyebabkan air sungai tercemar.

Limbah industri

Limbah industri menjadi salah satu penyebab mutlak pencemaran lingkungan. Limbah cair industri yg dibuang ke laut ataupun sungai tanpa diolah terlebih dahulu bisa mencemari lingkungan perairan. Oleh sebab itu, betapa baiknya apabila sebelum dibuang, sebaiknya limbah diolah terlebih dahulu supaya tidak membahayakan lingkungan.

Pertambangan

Salah satu contohnya ialah pertambangan batubara. Hal ini dikarenakan ketika batubara dibakar maka merkuri yg terkandung di dlmnya telepas ke udara. Merkuri tersebut bisa kembali lagi & masuk ke dlm tanah jadi bisa mencemari air.

Bahan peledak utk bom ikan

Bahan peledak bisa mencemari air laut serta bisa merusak ekosistem di dlmnya, salah satunya ialah ekosistem terumbu karang. Tidak hanya itu, dgn bahan peledak kamu juga mematikan ikan kecil & ikan besar.

Peternakan & perikanan

Limbah kotoran & sisa – sisa makanan dari ternak apabila dibuang di sungai bisa mencemari air. Oleh sebab itu, diperlukan sistem utk pengelolaan limbah tersebut.

Limbah pertanian

Limbah pertanian antara lain ialah jerami, sekam padi, sisa batang, ranting, buah basi & lain – lain.

Tumpahan minyak di laut

Tumpahan minyak di laut berpengaruh kepada keseimbangan ekosistem di laut. Tetapi minyak yg tumpah di laut sering terjadi sebab derasnya arus kemudian lintas transport minyak.

Detergen

Detergen merupakan salah satu contoh limbah ruah tangga. Oleh sebab itu, kamu haruslah mengolah limbah tersebut dgn baik supaya tidak mencemari air di lingkungan kurang lebih kamu.

Perusakan hutan

Perusakan hutan juga bisa menjadi penyebab pencemaran air sebab apabila banyak pohon yg ditebang maka tidak ada lagi yg sanggup mengikat air di tanah. Hal ini berefek pada munculnya erosi tanah.

Pencemaran air yg berasal dari limbah industri & limbah rumah tangga bisa terbagi menjadi berbagai kelompok, seperti pada limbah buangan berikut ini:
  1. Limbah padat, contohnya ialah sampah padat seperti botol minuman, plastik, & lain – lain.
  2. Limbah organik, salah satu contohnya ialah berasal dari sisa flora ataupun sisa sayuran yg dibuang ke sungai bisa menyumbat sungai & memunculkan aroma yg tidak sedap.
  3. Limbah anorganik, salah satu contohnya ialah limbah besi berat.Contohnya ialah timbal, air raksa, merkuri, kalsium. Nikel & lain – lain.
  4. Cairan berminyak. Air tidak bisa bercampur dgn minyak jadi adanya minyak dlm lingkungan perairan bisa mengganggu mikroorganisme yg hidup dlm lingkungan perairan tersebut. Contohnya ialah sering terjadi tumpahan minyak di air laut. Hal ini bisa mencemari perairan laut & mengganggu ekosistem di dlmnya .
  5. Limbah zat kimia bisa kamu temukan pada sabun detergen, shampo & superpel. Sabun, detergen, shampo bisa menambah pH di lingkungan air jadi bisa mengganggu ekosistem di dlmnya. Tidak hanya itu, kamu bisa menjumpai pada pemakaian pestisida berlebihan, zat warna kimia & bahan yg bersifat radioaktif seperti adanya software teknologi nuklir.

Baca : Pengertian pemasan global dan dampaknya

DAMPAK PENCEMARAN AIR

Apabila dibiarkan pencemaran air maka bisa merusak ekosistem di perairan & menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem di air. Berikut ialah berbagai akibat dari pencemaran air:

Bertambahnya jumlah hama

Salah satu akibat pencemaran lingkungan ialah memutus rantai makanan pada sebuah ekosistem. Contohnya ialah pemakaian pestisida yg berlebihan bisa menyebabkan banyak predator yg mati jadi jumlah hama bakal meledak.

Punahnya spesies

Pencemaran air bisa membuat banyak spesies ikan & biota lain yg ada di lingkungan perairan punah. Hal ini sangat menyebabkan menurunkan jumlah keanekaragaman dlm ekosistem air.

Keseimbangan lingkungan terganggu

Keseimbangan lingkungan bisa terganggu ketika terjadi perubahan interaksi dlm sebuah ekosistem.

Kurangnya kesuburan tanah


Pada pH di bawah bawah 4 bisa menyebabkan flora air mati sebab sebagian besar dari flora tersebut tidak toleran kepada kondisi air dgn pH asam.


Pencemaran air bisa menyebabkan pH air berubah jadi berakibat pada keanekaragaman biota di ekosistem perairan

Pada pH 6-6,5 bisa menurunkan keanekaragaman plankton & bentos. Pada pH 5,5 – 6 terjadi penurunan nilai keanekaragaman plankton & bentos terus jelas. Pada pH 5 – 5,5 penurunan keanekaragaman terus besar jadi berpengaruh kepada penurunan tipe plankton, perifilton & bentos.

Pada pH 5 – 5,5 juga menyebabkan terus banyaknya jumlah alga hijau & proses nitrifikasi mulai terhambat. Pada pH 4,5 – 5 terjadi banyak penurunan keanekaragaman plankton & bentos.

Selain itu, pada pH 4,5 – 5 juga menyebabkan penurunan kelimpahan zooplankton & bentos, alga hijau terus banyak & terjadi penghambatan proses nitrifikasi. Oleh sebab itu harus menjaga lingkungan dgn baik supaya akibat pencemaran air bisa dicegah.

Pencemaran air tidak bisa disepelekan, hal ini sebab menyangkut kelestarian alam & kebersihan lingkungan. Berikut ini ialah berbagai hal yg merupakan akibat dari pencemaran air dibidang kesehatan:
  1. Air menjadi sarana utk mengangkat penyakit sebab air bisa berguna sebagai media tempat hidup mikroorganisme patogen, sebagai sarang serangga penyebab penyakit salah satunya ialah nyamuk.
  2. Adanya pencemaran air tidak hanya berakibat pada kesehatan saja, melainkan juga berpengaruh kepada nilai estetika di lingkungan kurang lebih kami.

Baca : Populasi adalah?

CONTOH PENCEMARAN AIR

Berikut ini ialah berbagai contoh pencemaran air yg terjadi di lingkungan kurang lebih kami:
  1. Limbah pabrik yg dibuang ke sungai tanpa melewati pengolahan. Hal ini sangat berbahaya sebab senyawa toksik pada limbah tersebut bisa mengganggu ekosistem sungai.
  2. Membuang sampah ke sungai. Salah satu cara mencegah terjadinya pencemaran ialah membuang sampah pada tempatnya. Tidak hanya itu, kamu juga haruslah memisahkan antara sampah organik & anorganik. Dgn adanya pengelolaan sampah maka kamu sudah berkontribusi dlm mencegah timbulnya pencemaran terutama pencemaran air.
  3. Pemakaian bahan peledak utk meringkus air. Hal ini bisa mengganggu keseimbangan biota & ekosistem di laut. Bahkan parahnya bisa mematikan & merusak banyak tipe fauna & ikan serta terumbu karang.
  4. Limbah nuklir, limbah rumah tangga & tumpahan minyak di laut juga merupakan berbagai contoh pencemaran air.

CARA MENANGGULANGI PENCEMARAN AIR

Berikut ini ialah berbagai cara mengatasi pencemaran air & mencegah pencemaran air terutama:
  1. Menempatkan industri pabrik di daerah yg jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini utk mencegah pencemaran lingkungan baik pencemaran udara, air & darat.
  2. Mengawasi pemakaian zat kimia & pestisida
  3. Mencegah penggundulan hutan & meperbuat program reboisasi supaya menjaga keseimbangan air. Hal ini dikarenakan pohon bisa menolong mengikat air di dlm tanah jadi bisa menjaga keseimbangan air di dlm tanah.
  4. Membuang sampah pada tempatnya. Hal ini bisa mengurangi pencemaran air. Salah satu caranya ialah dgn memisahkan antara sampah plastik, sampah organik & lain – lain.

Cara mengatasi pencemaran bisa dari diri kamu sendiri dgn membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya, memisahkan antara sampah organik & sampah anorganik, melsayakan daur ulang sampah plastik & botol plastik utk dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan.

Selain itu, palstik bekas detergen & sabun juga bisa kamu jadikan bahan utk tas ataupun dompet & lain – lain. Dgn demikian kamu bakal menginspirasi masyarakat di kurang lebih kamu utk lebih peduli kepada lingkungan jadi bisa mengurangi pencemaran air. Utk limbah industri betapa baiknya dilsayakan pengolahan terlebih dahulu supaya tidak mencemari lingkungan perairan.

MANFAAT AIR BAGI KEHIDUPAN

Manfaat air bagi kehidupan antara lain ialah sebagai berikut:

Utk memenuhi cairan di dlm tubuh

Semua makhluk hidup membutuhkan air tanpa terkecuali. Manusia, fauna & flora semua membutuhkan air. Hampir semua penyusun badan ialah air. Kurangnya air bisa menyebabkan dehidrasi.

Menolong pekerjaan sehari – hari

Hampir semua aktivitas di dlm rumah tangga membutuhkan air utk minum, mencuci, memasak, menyirami tanaman & lain – lain. Bayangkan apabila air di lingkungan tercemar, hal ini bisa menyebabkan kamu terkena penyakit sebab air yg kamu konsumsi sudah tidak jernih lagi.

Menolong membersihkan tubuh

Air bisa menolong kamu membersihkan badan jadi badan kamu terbebas dari kuman & penyakit. Oleh sebab itu, jagalah lingkungan supaya air tidak tercemar.

Menolong dlm bidang pertanian

Air ialah sumber mutlak penghidupan. Apabila tanaman kekurangan air bisa mengganggu proses metabolisme di dlmnya jadi bisa menyebabkan layu kemudian mati. Air sangat penting dlm mengalirkan irigasi.

Menjaga kesehatan kulit

Air bisa menolong melembabkan kulit dan bisa mencegah kekeringan.

Sebagai pembangkit tenaga listrik

Di era yg serba modern ini air bisa dipakai sebagai pembangkit listrik.

Nah itulah artikel pencemaran lingkungan, manfaat air bagi kehidupan, pencemaran lingkungan air di lingkungan, sumber pencemaran air, akibat pencemaran air, penyebab pencemaran air, contoh pencemaran air, cara mengatasi pencemaran air, dll.

Baca selanjutnya:

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Pencemaran Air, Penyebab, Dampak dan Solusi"