Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis SWOT & Contoh Matrix SWOT + Gambar (S, W, O, T, SO, WO, ST, WT)

analis-swot
Matrix SWOT

Faktasantuy - Analisis swot. Pada hari ini kita akan membahas analisis swot. Nah apa arti swot? analisis swot terdiri atas apas aja? dan contoh maxtrix swot seperti apa? Silakan teman-teman simak pengertian analisis swot berikut ini ya. Nah jelaskan pengertian analisis swot:

Pengertian SWOT

Apa itu kepanjangan swot? yaitu Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (singkatan SWOT), jadi analisa swot adalah metode penyusunan strategi perusahaan ataupun organisasi yang bersifat satu unit atau bisnis tunggal. Ruang lingkup bisnis tunggal ini berupa domestik ataupun multinasional. Wajib baca: 

Petunjuk umum yang sering digunakan untuk perumusan adalah :

Memanfaatkan kesempatan serta  kekuatan (O dan S). guna rencana jangka panjang.

Atasi atau kurangi ancaman serta kelemahan (T dan W). yang menghasilkan rencana dalam jangka pendek, yaitu rencana perbaikan.

Tahap awal proses penetapan strategi iyalah dapat menaksir kekuatan, kelemahan, kesempatan, serta ancaman yang dimiliki organisasi.

Analisa ini juga memungkinkan organisasi memformulasikan serta mengimplementasikan strategi utama sebagai tahap lanjut dari pelaksanaan serta tujuan organiasasi, dalam analisis ini informasi dikumpulkan dan dianalisa. 

Dalam penyusunan rencana yang baik, perlu jdiketahui Sumber daya serta dana yang dimiliki pada saat akan memulai usaha, mengetahui segala unsur kekuatan yang dimiliki, ataupun segala kelemahan yang ada. 

Dilain pihak perlu juga diperhatikan faktor-faktor eksternal yang akan dihadapi iyalah peluang-peluang ataupun  kesempatan yang ada atau perlu diperhatikannnya akan masalah yang akan timbul dan ancaman atau hambatan yang diperkirakan akan muncul yang akan mempengaruhi usaha yang dilakaukan.

Wajib baca: konsep pemasaran

Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian swot adalah suatu perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur-unsur internal, merupakan kekuatan serta kelemahan terhadap unsur-unsur eksternal yaitu peluang serta ancaman.

Strategi dan Matriks SWOT

matrix-swot
Apa itu amstrix swot? Strategi Kekuatan-Kesempatan (S dan O atau Maxy-maxy), Strategi yang dihasilkan yaitu dapat memanfaatkan kekuatan atas peluang yang telah diidentifikasi.

Strategi Kelemahan-Kesempatan (W dan O atau Mini-maxi), berupa kesempatan yang telah diidentifikasi tidak mungkin dapat dimanfaatkan sebab kelemahan suatu perusahaan. 

Strategi Kekuatan-Ancaman (S atau T atau Maxi-min), pada analisis ancaman juga ditemukan kebutuhan untuk mengatasinya. Strategi ini mencoba mencari kekuatan yang dimiliki perusahaan yang digunakan untuk dapat mengurangi atau menangkal ancaman tersebut. 

Strategi Kelemahan-Ancaman (W dan T atau Mini-mini), Dalam situasi harus menghadapi ancaman serta sekaligus kelemahan intern, strategi yang umumnya  yang harus keluar dari situasi yang terjepit tersebut. Keputusan yang diambil yaitu mencairkan sumber daya yang terkait pada suatua situasi yang mengancam tersebut, serta mengalihkan pada usaha lain yang lebih cerah. 

Jenis Analisis SWOT

Adapun dua model analisis SWOT yang sering digunakan untuk analisa situasi, yaitu:

Model Kuantitatif, asumsi dasar dari model ini yaitu pasangan antara S dan W serta O dan T. yang diasumsikan bahwa dalam setiap kekuatan selalu ada kelemahan yang tersembunyi  dan  dari  setiap  kesempatan yang terbuka  selalu ada ancaman yang harus diwaspadai, selanjutnya melakukan proses penilaian. 

Model Kualitatif, urutan dalam membuat Analisa SWOT kualitatif, tidak berbeda jauh dengan urut-urutan model kuantitatif, perbedaan besar diantara keduanya adalah pada saat pembuatan subkomponen dari masing-masing komponen. Dimana SubKomponen pada masing-masing komponen (S-W- O-T) adalah berdiri bebas dan tidak memiliki hubungan satu sama lain. 

Baca juga: kenapa manajemen personalia sangat vital?

Komponen Analisis SWOT

Analisis SWOT bertujuan untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. Berikut contoh analisis swot:

Strengths

  1. Kelebihan apa saja yang  dimiliki organisasi dan tidak dimiliki oleh yang lain?
  2. Apa yang organisasi dapatlakukan lebih baik dari organisasi lain?
  3. Apa  saja hal yang membuat organisasi memiliki ciri khas dan unik?
  4. Faktor positif apa saja yang mendukung tujuan organisasi?

Weaknesses

  1. Hal apa yang harus organisasi tingkatkan?
  2. Hal apa yang harus organisasi cegah?
  3. Apa yang  dilihat orang lain sebagai kelemahan organisasi?
  4. Faktor  apa  saja  yang  membuat organisasi terpuruk?

Opportunities

  1. Peluang apa saja yang organisasi temui?
  2. Tren apa yang sedang berkembang pada masyarakat?

Threats

  1. Rintangan apa saja yang organisasi hadapi?
  2. Kompetisi apa yang  organisasi khawatirkan?
  3. Apakah kelemahan organisasi dapat menjadi ancaman serius?

Nah itulah artikel arti swot dan contoh swot. Semoga ,,, ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai contoh analisa swot silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: pengertian kualitas pelayanan dan kualitas produk

Lain kali admin akan membuat tujuan analisis swot dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Soal:

1. contoh analisis swot usaha makanan?

2. faktor internal dalam analisis swot adalah?

3. strategi swot seperti apa?

4. contoh analisis swot produk?

5. buatlah contoh analisis swot diri sendiri?

6. faktor external dalam analisis swot adalah?

Posting Komentar untuk "Analisis SWOT & Contoh Matrix SWOT + Gambar (S, W, O, T, SO, WO, ST, WT)"