Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pemasaran Menurut 4 Ahli : Fungsi, Jenis, Tingkat, Manfaat

pemasaran
Panduan Pemasaran

Faktasantuy - konsep pemasaran. Pada hari ini kita akan membahas artikel manajemen pemasaran / pengertian marketing. Nah jelaskan pengertian pemasaran menurut para ahli? fungsi pemasaran? jenis pemasaran? dan apa itu segmentasi pasar? Silakan teman-teman simak pengertian pemasaran dengan pendahuluan pengertian strategi berikut ini ya.

Pengertian Strategi

Pengertian Strategi merupakan suatu ilmu dan seni yang menggunakan kemampuan bersama sumber daya dan lingkungan secara efektif yang terbaik. Terdapat empat unsur penting dalam strategi, yaitu: kemampuan, sumber daya, lingkungan, dan tujuan. Rumusan dari suatu strategi tidak selalu memberikan informasi apa yang akan dilakukan, mengapa dilakukan demikian, siapa yang bertanggung jawab dan mengoperasionalkan, berapa besar biaya dan lama waktu pelaksanaan, hasil apa yang akan diperoleh. Wajib baca: pengertian kualitas pelayanan dan kualitas produk

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Marketing menurut para ahli? Adapun beberapa pengertian marketing atau pengertian pemasaran dari beberapa ahli diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Philip Kotler, definisi pemasaran ialah sebagai kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

2. Philip Kotler dan Amstrong, pengertian strategi pemasaran sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang dibutuhkan dan diinginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

3. Pemasaran Secara Umum, pengertian dari pemasaran adalah berupa suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

4. W Stanton, pengertian manajemen pemasaran adalah sebagai suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan serta mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Konsep Pemasaran

Konsep inti pemasaran terdiri dari kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. 

Wajib baca: Judul skripsi manajemen pemasaran

Fungsi Fungsi Pemasaran

  1. Fungsi Pertukaran, Dengan adanya pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk digunakan sendiri atau untuk dijual kembali.
  2. Fungsi Distribusi Fisik, dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dan sebagainya. Penyimpanan produk mengutamakan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
  3. Fungsi Perantara, menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. 

Jenis – jenis Konsep Pemasaran

Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.

  1. Konsep produksi, konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Yang berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. 
  2. Konsep produk, konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Dengan membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik.
  3. Konsep penjualan, dengan membiarkan konsumen begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
  4. Konsep pemasaran, kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
  5. Konsep pemasaran social, tugas organisasi yaitu menentukan kebutuhan, keinginan, kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
  6. Konsep Pemasaran Global, manajer eksekutif berusaha untuk memahami semua faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. 

Pengertian Sistem Pemasaran

sistem pemasaran diartikan sebagai suatu kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

Dalam pemasaran terdapat kelompok item yang saling berkaitan itu mencakup :

  1. Gabungan organisasi yang melaksanakan kerja pemasaran.
  2. Produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan.
  3. Target pasar.
  4. Perantara (pengecer, grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).
  5. Kendala lingkungan (environmental constraints).

Jenis – jenis Sistem Pemasaran

Sistem pemasaran dengan saluran vertical, produsen, grosir, dan pengecer bertindak dalam satu keterpaduan dengan tujuan untuk mengendalikan perilaku saluran dan mencegah perselisihan antara anggota saluran

Sistem pemasaran dengan saluran horizontal, terdapat suatu kerjasama antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang muncul.

Sistem pemasaran dengan saluran ganda, terdapat beberapa gaya pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemen digabungkan, kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran didefinisikan sebagai pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu sebagai berikut:

Daur hidup produk, harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yang terdiri dari tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

Posisi persaingan perusahaan di pasar, harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

Situasi ekonomi, harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar

Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:

  1. Dasar – dasar segmentasi pasar terhadap pasar konsumen
  2. Geografi: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
  3. Demografi: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll
  4. Psikologis: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
  5. Variabel perilaku pembeli: manfaat yang dicari, status pengguna, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri

Tahap 1: dengan menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.

Tahap 2: dengan sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

Tingkat Segmentasi Pasar

  1. Pemasaran massal, terfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
  2. Pemasaran segmen, sadar akan bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
  3. Pemasaran ceruk, marketing niche fokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefinisikan dengan lebih sempit.
  4. Pemasaran mikro, melalui praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

Manfaat Segmentasi Pasar

  1. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik dalam memilih kesempatan pemasaran.
  2. Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
  3. Penjual atau produsen mampu mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
  4. Menentukan Pasar Sasaran
  5. Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu :
  6. Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada
  7. Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.

Nah itulah artikel definisi pemasaran (pemasaran menurut para ahli). Semoga arti pemasaran ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai ,,, silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: kenapa manajemen personalia sangat vital?

Lain kali admin akan membuat pengertian marketing mix dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Soal: 

1. pengertian digital marketing / pengertian pemasaran online?

2. jelaskan pengertian strategi pemasaran?

3. definisi manajemen pemasaran?

4. pengertian pemasaran produk?

5. yang dimaksud dengan marketing mix adalah?

Posting Komentar untuk "Pengertian Pemasaran Menurut 4 Ahli : Fungsi, Jenis, Tingkat, Manfaat"