Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 3 Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli & Contohnya

diskriminasi


Pengertian Diskriminasi

pengertian diskriminasi? Diskriminasi diartikan sebagi sebuah pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu atau sebagai suatu peristiwa yang sering ditemukan dalam masyarakat, yang disebabkan kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan orang lain. Baca juga: Dimensi pancasila


Jenis – Jenis Diskriminiasi

Adapun beberapa jenis dari diskiriminasi yaitu sebagai berikut:

  1. Diskriminasi langsung, yang terjadi ketika hukum, peraturan atau kebijakan jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat kesempatan yang sama.
  2. Diskriminasi tidak langsung, yakni terjadi apabila peraturan netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.


Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli

Definisi diskriminasi:

  1. Menurut PBB, diskriminasi artinya termasuk kedalama prilaku yang berdasarkan perbedaan dalam kategorisasi yang dibuat oleh alam atau masyarakat, yang tidak ada hubungannya dengan kemampuan individu atau jasanya.
  2. Theodorson & Theodorson, pengertian diskriminasi adalah berupa perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal, atau atribut-atribut khas, seperti berdasarkan ras, kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial.
  3. Wikipedia, arti dari diskriminasi adalah berdasarkan kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu.


Macam – macam Diskriminasi

  1. Diskriminasi Umur, Individu di beri layanan yang tidak adil sebab tergolong dalam lingkungan umur atau usia tertentu. Contohnya di negara malaysia remaja dianggap orang yang menimbulkan masalah sehingga timbul suatu istilah masalah remaja.
  2. Diskriminasi Gender (Jenis Kelamin), Individu di beri layanan yang tidak adil sebab jenis kelamin mereka. Contoh seorang wanita menerima gaji yang lebih rendah dengan rekan lelakinya meskipun pekerjaan mereka sama.
  3. Diskriminasi Kesehatan, Individu diberi layanan yang tidak  adil sebab menderita penyakit atau kecacatan tertentu, misalnya seorang yang pernah menderita sakit jiwa di tolak untuk mengisi lowongan tertentu, meskipun telah sembuh dan memiliki kemampuan yang di perlukan.
  4. Diskriminasi Ras, ndividu tidak di berikan layanan kesehatan sebab ras mereka.
  5. Diskriminasi Agama, Individu di beri layanan yang tidak adil terkait agama yang dianut olehnya.


Cara Mengindari Perilaku Diskriminatif

Untuk menghindari terjadinya perilaku diskriminatif maka setiap individu perlu: Menyadari bahwa manusia memiliki kedudukan dan derajat yang sama dihadapan Tuhan serta meyakini bahwa setiap manusia memiliki keistimewaan tersendiri.


Upaya Mengurangi Diskriminasi Dalam Masyarakat

Untuk memperkecil permasalahan yang diakibatkan oleh pengaruh negatif keragaman, maka perlu dilakukan upaya-upaya seperti berikut ini: Menumbuhkan semangat religious, nasionalisme, pluralism, humanisme. Lalu mengadakan dialog antar-umat beragama. Kemudian Membangun pola komunikasi untuk interaksi maupun konfigurasi hubungan antar agama, media massa dan harmonisasi dunia. Serta Keterbukaan, kedewasaan sikap pemikiran global yang bersifat inklusif. Dan Kesadaran kebersamaan dalam mengurangi sejarah.


Contoh Sikap Diskriminasi

Adapun beberapa contoh dari sikap diskriminatif, yakni:

  1. Karena agama yang berbeda, Hendra tidak mau berteman dengan Hendro.
  2. Terdapat pemisahan antara si kaya dan si miskin.
  3. Di Amerika Serikat, ada penggolongan antara orang berkulit putih dan orang berkulit hitam (negro).
  4. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa laki-laki lebih tinggi daripada perempuan.


Contoh Diskriminasi

1. Diskriminasi di tempat kerja, Diskriminasi dapat terjadi dalam berbagai macam bentuk: Struktur gaji, system perekrutan, Strategi yang dianut dalam promosi, serts kondisi kerja umum bersifat diskriminatif, dengan maksud mencegah seseorang memenuhi aspirasi profesional dan pribadi tanpa memperhatikan prestasi. Hal ini berdasarkan pada gagasan bahwa perusahaan tidak dapat mengontrol produktivitas pekerja secara individu. Akibatnya, pengusaha cenderung mengandalkan karakteristik terlihat, seperti ras atau jenis kelamin, sebagai indikator produktivitas, sering diasumsikan anggota dari kelompok tertentu memiliki tingkat produktivitas.

2. Contoh lain Diskriminasi : Seperti peristiwa terjadi di Lampung Selatan terdapat kasus kekerasan yang telah mengakibatkan 14 orang meninggal dunia dan 1.700 mengungsi. Selain diskriminasi agama  namu mencangkup pula kekerasan dan diskriminasi etnis.

Nah itulah artikel pengertian diskriminasi beserta materi diskriminasi lainnya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai pengertian diskriminasi dan contohnya silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Mengenal macam-macam norma

Lain kali admin akan membuat artikel pengertian sikap diskriminatif, ditunggu saja ya. Pertanyaan tentang arti diskriminasi oleh para ahli, maka silakan bertanya.

Posting Komentar untuk "√ 3 Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli & Contohnya"