Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Daur Ulang, Manfaatnya Dan 3 Cara Daur Ulang

pengertian-daur-ulang-sampah-manfaat-dan-cara-daur-ulang
Daur Ulang Barang Bekas

faktasantuy.com - Daur Ulang Barang
– barang bekas bisa kamu gunakan utk daur ulang & kamu olah menjadi barang – barang yg berguna. Kamu bisa memanfaatkan barang – barang bekas utk membuka lapangan kerja baru & menjaga kelestarian & kebersihan lingkungan. Tidak hanya kamu bisa menjadi seorang pengusaha.

Bahan – bahan yg bisa kamu gunakan utk daur ulang sampah antara lain ialah plastik bekas, botol bekas kertas bekas & lain – lain. Oleh sebab itu, kamu disarankan utk memisahkan antara sampah yg bisa diuraikan & sampah yg tidak bisa diuraikan oleh bakteri. Sampah yg tidak bisa diuraikan bisa dipakai utk bahan daur ulang, contohnya plastik.

Berikut ini ulasan lengkap seputar daur ulang. Mulai dari Arti daur ulang, fungsi daur ulang, kerajinan daur ulang, daur ulang sampah, daur ulang bahan bekas, daur ulang plastik, daur ulang limbah, daur ulang kertas, dll.

Pengertian Daur Ulang

Pengertian daur ulang ialah salah satu cara utk memakai barang bekas utk dipakai kembali menjadi barang yg serba berguna ataupun bisa juga diolah menjadi barang yg bisa diperjual belikan. Hal ini juga berguna utk mengurangi & menanggulangi adanya pencemaran lingkungan dampak sampah plastik yg dibuang sembarangan.

Sampah yg dibuang dengan cara sembarangan bisa menjadikan lingkungan kotor & bisa menyumbat saluran air. Tidak hanya itu, penumpukan sampah juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit. Hal ini dikarenakan sampah anorganik tidak bisa diuraikan, contohnya ialah plastik. Tidak sama dgn sampah organik yg bisa diuraikan jadi bisa dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Contohnya ialah sisa sayuran.

Oleh sebab itu, salah satu pilihan terbaik ialah dgn daur ulang barang – barang bekas yg tergolong kelompok barang anorganik jadi bisa dikelola dgn bagus. Salah satu caranya ialah dgn memisahkan tong sampah yg organik, anorganik, sisa makanan & plastik.

Dgn adanya daur ulang ini diinginkan bisa menanggulangi pencemaran lingkungan & membuka kesempatan baru bagi masyarakat utk membuka lapangan pekerjaan baru. Tidak hanya menanggulangi persoalan lingkungan kamu juga turut memajukan bangsa dengan cara ekonomi jadi mengurangi jumlah pengangguran di negeri ini.

Sampah juga merupakan salah satu penyebab timbulnya beberapa persoalan di lingkungan kami. Mengapa? Hal ini dikarenakan penumpukan sampah bisa membusuk & apabila dibiarkan bisa memunculkan penyakit.

Salah satu hal yg bisa kamu adalah melakukan perbuatan pencegahan terjadinya pencemaran lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan, mengumpulkan botol ataupun plastik bekas utk diolah kembali ataupun dibangun kerajinan. Dgn demikian bisa menanggulangi penumpukan sampah yg bisa mencemari lingkungan.

Limbah plastik lainnya yg bisa didaur ulang ataupun dimanfaatkan utk membuat kerajinan antara lain ialah sebagai berikut:
  1. Sapu dari botol minuman
  2. Hiasan lampu dari botol
  3. Tempat lilin dari tutup botol
  4. Meja dari papan skatebord bekas
  5. Membuat rak buku dari piano bekas
  6. Memanfaatkan kartu atm bekas utk alat petik gitar.

Kamu bisa mengolah beberapa macam barang bekas utk dimanfaatkan kembali menjadi barang yg multi manfaat. Dgn itu kamu sudah berkontribusi dlm mencegah pencemaran lingkungan & menolong gerakan cinta kepada lingkungan.

CARA daur ulang barang bekas

Banyak sekali kamu jumpai barang – barang bekas yg dibuang begitu saja di sungai. Tetapi saat ini kamu bisa memakai daya kreativitas kamu utk memanfaatkan barang – barang bekas tersebut utk menghasilkan suatu karya. Banyak sekali cara daur ulang barang bekas yg bisa kamu gunakan.

Salah satu contohnya ialah plastik bekas detergen, sabun, minyak, molto, pewangi, susu & lain – lain kamu olah menjadi beberapa macam tas, dompet dgn ukuran yg bervariasi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memakainya utk membuat tempat pensil, taplak meja & lain – lain.

Beragam barang bekas tidak hanya plastik ialah kardus, botol minuman & lain – lain. Kardus bisa kamu olah menjadi suatu tas dgn dilapisi kertas kado jadi bakal terlihat lebih luar biasa.

Bahan kardus bekas juga bisa kamu manfaatkan utk tempat buku, mainan pazzel, & topi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat miniatur rumah, mainan mobil – mobilan, robot, kapal, topeng, perahu & lain – lain.

Botol bekas bisa dimanfaatkan utk pot, membuat hiasan lampu, tempat pensil, boneka. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan botol bekas utk boneka, tempat makan burung, miniatutur, mobil dari kaleng bekas & lain – lain. Apabila kamu bisa memanfaatkan barang bekas dgn bagus kamu bisa menjualnya & kamu pun bakal memperoleh penghasilan tambahan.

Nyatanya sedotan juga bisa kamu manfaatkan utk membuat kerajinan tangan seperti mainan, bunga, gantungan pot & lain – lain. Dgn demikian kamu bisa membuka kesempatan kerja bagi orang lain.

Cara daur ulang sampah

Sampah merupakan salah satu hal yg harus diperhatikan. Mengapa? Hal ini dikarenakan apabila tidak ditangani dengan cara benar bisa memunculkan penyakit. Sampah sendiri terbagi atas dua jenis, yakni sampah organik & sampah anorganik. Salah satu cara daur ulang sampah yg bagus ialah dgn memisahkan sampah organik & anorganik.

Selain itu, kamu juga bisa menyediakan tong yg tidak sama supaya kamu lebih mudah dlm mengolahnya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sampah organik sanggup diurai oleh bakteri yg menjadikan sampah organik bisa dijadikan sebagai pupuk. Sedangkan sampah anorganik tidak bisa diurai jadi butuh penanganan yg tidak sama pula.

Jenis – tipe sampah organik antara lain ialah dedaunan yg sudah kering, kulit buah, sisa makanan, buah busuk, ampas tahu, serbuk kayu & lain – lain. Sedangkan tipe – tipe sampah anorganik antara lain ialah botol plastik, plastik bungkus makanan, sterofoam & lain – lain.

Cara daur ulang plastik

Di era yg serba modern ini banyak sekali terjadi pencemaran lingkungan. Salah satunya ialah dampak sampah plastik. Oleh sebab itu, kamu haruslah rutin menerapkan prinsip reduce, reuse & recycle.

Plastik tersusun atas senyawa polimer organik & bersifat sintetis & ada juga yg bersifat alami. Plastik mempunyai banyak jenis, diantaranya ialah polyester, polyethylene, polivinil klorida & lain – lain.

Kantong plastik banyak dipakai dlm hal jual beli barang. Tidak hanya itu, plastik juga bisa dipakai utk bahan botol minuman, botol detergen, ember & lain – lain. Dgn demikian kamu bisa memanfaatkannya utk membuat kerajinan, souvenir, tas & lain – lain.

Plastik tergolong dlm sampah anorganik & tidak bisa terdegradasi dgn cara alami. Oleh sebab itu, saat ini solusi yg cocok utk menanggulangi sampah ini ialah dgn memanfaatkannya utk didaur ulang menjadi barang yg bermanfaat. Salah satu contohnya ialah dgn membuat botol plastik sebagai pot ataupun memakai barang yg berbahan plastik utk membuat kerajinan tas, kipas & lain – lain.

Cara daur ulang plastik terdapat 3 langkah, yakni sebagai berikut:

1. Pemisahan limbah

Langkah pertama pemisahan limbah dgn kotoran, zat kimia, limbah organik & lain – lain. Plastik dipisahkan berdasarkan tipe plastik tersebut. Pemisahan ini dengan cara manual supaya menekan biaya. Tidak hanya itu, pemisahan dengan cara manual ini juga praktis sebab tidak membutuhkan peralatan yg canggih.

2. Pencucian sampah plastik

Langkah kedua, sampah plastik yg sudah dipisahkan dicuci dgn air hingga bersih supaya sisa sisa bahan kimia yg menempel pada plastik hilang.

3. Pemotongan plastik

Langkah ketiga ialah pemotongan plastik dgn tujuan supaya lebih mudah dlm pemotongan dgn memakai mesin.

Kelebihan daur ulang plastik ialah menolong menghemat energi yg dipakai utk memproduksi produk yg baru, meminimalisir pemakaian bahan segar, mencegah polusi air & udara serta bisa meminimalisir sampah yg masuk ke tempat pembuangan.

Berikut ini ialah beberapa macam barang kerajinan yg dihasilkan dari botol bekas antara lain ialah sebagai berikut:
  1. Tempat mengecash HP
  2. Kamu bisa mebentuknya menjadi boneka
  3. Banyak botol – botol yg bisa dipakai sebagai pot bunga
  4. Sebagai bungkus kado
  5. Tempat pensil yg unik & lucu
  6. Tempat lampu
  7. Membuat mainan seperti pesawat
  8. Membuat rangkaian bunga dari botol bekas
  9. Skamul dari botol bekas
  10. Dompet, tas & alin – lain.

Cara Daur Ulang Kertas

Banyak sekali fungsi yg bisa kami peroleh dgn mendaur ulang kertas. Salah satu manfaatnya ialah bisa mengurangi pencemaran lingkungan. Bahan – bahan yg diperlukan utk daur ulang kertas ialah koran bekas, air, panci, blender, kasa, handuk bekas, sprei bekas & spons kering. Berikut ini ialah beberapa cara daur ulang kertas:

1. Mengumpulkan kertas kemudian membuatnya menjadi bubur

Kini kertas daur ulang banyak dipakai oleh sebagian orang. Bahkan sangat hebat & mudah sekali bagi mereka utk mendaur ulang kertas menjadi kertas baru yg bermanfaat. Contohnya ialah kertas koran. Empat hingga lima kertas koran bisa dipakai utk menghasilkan kertas daur ulang sebanyak dua lembar kertas kecil.

Sesudah kamu mengumpulkan kertas, saat ini ketikanya kertas dirobek menjadi berkapasitas lebih kecil kemudian direndam dgn air panas. Kamu bisa menghaluskannya dgn cara diblender.

2. Menyaring kertas

Bubur kertas yg sudah kamu buat disaring memakai kawat halus yg dianyam. Selanjutnya bubur kertas dimasukkan ke dlm panci sebanyak setengah dari volume panci. Kemudian ditambahkan air hingga volume pada panci dengan tinggi 7 – 10 cm & kassa dimasukkan dlm wadah panci. Kasa dikeringkan dgn cara meletakkan kasa pada handuk.

3. Pengepresan Kertas

Langkah pertama ialah dgn membuang kelebihan air kemudian kasa diangkat & posisinya dibalik. Kamu dianjurkan utk tidak mengeringkan kertas di bawah panas sebab bisa menyebabkan kertas yg kamu buat berkerut. Sesudah itu, kamu lepaskan kertas dari permukaan sprai.

Kertas yg kamu buat harus diujia. Cara mengujinya ialah dgn menuliskan kata memakai bolpoin pada kertas. Apabila berhasil maka tulisan yg kamu tulis pada kertas bakal terbaca.

Kelebihan dari daur ulang kertas ialah utk meminimalisir penebangan pohon sebagai bahan bsaya pembuatan kertas jadi sedikit pohon yg haruslah ditebang. Alhasil bisa merawat keseimbangan hutan.
Selain kertas biasa, kamu juga bisa memakai koran bekas utk membuat kerajinan. Seperti berikut ini:
  1. Utk membuat pot bunga
  2. Membuat mainan bola
  3. Tempat sampah
  4. Membuat sepasang skamul
  5. Tempat celengan & lain – lain

Pengertian daur ulang, fungsi daur ulang, kerajinan daur ulang, daur ulang sampah, daur ulang bahan bekas, daur ulang plastik, daur ulang limbah, daur ulang kertas, dll

Manfaat daur ulang barang bekas

Banyak sekali fungsi daur ulang yg bisa kamu ambil dgn mendaur ulang barang – barang bekas. bisnis daur ulang sudah berkembang sampai sekarang. Contohnya ialah sebagai berikut:

1. MEMBUKA LAPANGAN KERJA BARU

Seiring dgn berkembangnya zaman, saat ini kemajuan teknologi sangat pesat. Saat ini peluang utk memperoleh pekerjaan pun benar-benar tidak mudah. Mengapa? Hal ini dikarenakan terus banyaknya persaingan antar para pencari kerja. Jumlah pencari kerja lebih banyak dibandingkan dgn jumlah lapangan pekerjaan yg tersedia.

Kini kamu haruslah lebih berani utk menampilkan ketrampilan kamu utk menjadi seorang pengusaha. Dengan adanya daur ulang sampah plastik, kamu tentu bakal bangga apabila kamu bisa menjadi bos & menolong mereka para pencari kerja jadi bisa mengurangi jumlah pengangguran & kamu menolong mencegah adanya pencemaran lingkungan dgn melakukan daur ulang barang bekas.

2. MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT

Dgn dibukanya kesempatan usaha bisnis daur ulang plastik maka bisa menolong masyarakat dlm menambah pendapatannya. Hal ini dikarenakan daur ulang barang bekas bisa membantu ekonomi & bisa diperjualbelikan. Secara otomatis kamu bakal menghasilkan uang & menambah pendapatan kamu.

3. MENCEGAH DAN MENGATASI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Daur ulang menjadi salah satu pilihan yg bisa dipakai utk menanggulangi pencemaran lingkungan. Mengapa? Dgn adanya daur ulang kamu bisa memanfaatkan botol plastik, bungkus plastik dari detergen, makanan ringan & lain – lain utk dibangun kerajinan yg berkualitas ekonomis.

4. MENCEGAH TIMBULNYA PENYAKIT

Tumpukan sampah bisa menyebabkan sumber penyakit. Oleh sebab itu, kamu haruslah memilah sampah. Betapa bagusnya apabila dibangun tong yg tidak sama utk memisahkan sampah supaya bisa di daur ulang botol bekas, & barang bekas lainnya.

5. MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS DAN KETRAMPILAN MASYARAKAT

Daur ulang barang bekas – barang bekas bisa mengasah ketrampilan & jiwa seni kamu jadi barang yg kamu buat bisa hebat perhatian konsumen. Tidak hanya kamu terampil dlm mendaur ulang, betapa baiknya apabila kamu juga kreatif dlm memasarkan & membangun relasi.

6. MEMBANTU MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG BERSIH DAN SEHAT.

Lingkungan yg bersih & sehat bisa menolong kamu tercegah terkena serangan beberapa penyakit. Caranya ialah dgn membuang sampah pada tempatnya & memisahkan antara sampah yg organik & anorganik serta melakukan 3R, yakni reduce, reuse & recycle.

7. MEMBANTU MENGHEMAT ENERGI

Proses produksi dari bahan daur ulang membutuhkan energi yg lebih sedikit dari pada memakai bahan mentah. Hal ini sangat berpengaruh bagi mereka para pengusaha ketika memproduksi produk baru. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menghemat anggaran yg harus dikeluarkan.

8. PENGELOLAAN DAUR ULANG TIDAK MEMBUTUHKAN RUANG DAN LAHAN YANG BESAR

Bahan – bahan yg didaur ulang bisa kamu pergunakan lagi utk memenuhi kebutuhan kamu.

9. MEMBANTU MENEKAN DAN MENGURANGI POLUSI DI LINGKUNGAN SEKITAR ANDA

Pada umumnya sampah ataupun botol plastik pada umumnya hanya dibakar supaya lingkungan kamu bersih. Tetapi tahukah kamu bila pembakaran tersebut bisa menyebabkan polusi? Oleh sebab itu, kamu haruslah bijaksana dlm memilih. Mengapa? Hal ini sebab dgn memisahkan sampah organik & anorganik kamu bisa memakainya utk daur ulang.

Baca juga: 3 Contoh Teks Tantangan Tentang Peraturan, Pendidikan, Sampah

Nah itulah pengertian daur ulang, bisnis daur ulang plastik dan manfaat daur ulang plastik.

Posting Komentar untuk "Pengertian Daur Ulang, Manfaatnya Dan 3 Cara Daur Ulang"