Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli, Jenis Usaha & Tujuan

bisnis

Faktasantuy - Pengertian bisnis. Pada hari ini kita akan membahas rangkuman artikel bisnis. Nah apa itu pengertian bisnis menurt para ahli? apa bentuk dasar kepemilikan bisnis? pengelompokan kegatan bisnis? karakteristik bisnis? jenis bisnis? dan tujuan bisnis? Silakan teman-teman simak terlebih dahulu pengertian bisnis menurut para ahli berikut ini ya. Lihat 100+ judul skripsi ekonomi

Pengertian Bisnis

Bisnis adalah organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen, untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Secara historis bisnis bisnis kata Inggris, sibuk dari kata yang berarti sibuk dalam masyarakat, komunitas ataupun konteks individu. Dalam artian aktivitas dan pekerjaan sibuk yang membawa keuntungan. 

Dalam ekonomi kapitalis terdapat banyak bisnis yang dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibuat untuk membuat keuntungan dan meningkatkan kesejahteraan pemiliknya. Pemilik dan operator dari bisnis ini mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau modal yang mereka berikan. Akan tetapi tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya, upaya kerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Jadi sangat dibutuhkan kemampuan perencanaan bisnis yang matang.

Penggunaan yang lebih luas dapat mengacu pada sektor pasar tertentu, seperti bisnis eletronik. Penggunaan yang paling luas mengacu pada semua kegiatan yang dilakukan oleh penyedia komunitas barang dan jasa. Tapi pengertian bisnis yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga sekarang.

Wajib baca: analisis sistem atau analisa sistem

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian bisnis menurt beberapa para Ahli, yaitu sebagai berikut:

  1. Prof.Owen, definisi bisnis ialah suatu perusahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke pasaratau memberikan harga dalam setiap barang ataupun jasa.
  2. Prof.L.R.Dicksee, bisnis diartikan sebagai suatu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi yang berkepentingan atau mengusahakan kegiatan tersebut.
  3. Urwick dan Hunt, pengertian bisnis diartikan bahwa setiap perusahan yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang diperlukan masyarakat dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau membayar.
  4. Mc. Naughton, bisnis dapat diartikan sebagai suatu pertukaran barang, jasa ataupun uang dengan tujuan memperoleh keuntungan.
  5. William Spregal, penertian bisnis adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang atau jasa yang bisa diklasifikasikan dalam kegiatan-kegiatan bisnis.
  6. Musselman dan Jackson, bisnis disebut jumlah keseluruhan aktifitas yang terorganisir dalam bidang perniagaan dan industri penyediaan barang dan jasa agar terpenuhi kebutuhan masyarakat serta dapat memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat.
  7. Merriam Webster, bisnis yaitu segala aktifitas pembuatan dan jual beli barang jasa kemudian ditukar dengan uang, kegiatan atau keja merupakan suatu pekerjaan dan jumlah kegiatan tersebut terselesaikan oleh sebuah perusahaan, pabrik ataupun toko.
  8. Brown dan Petrello, pengertian bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat meningkat, maka jumlah produksinya di tingkatkan agar memenuhi segala kebutuhan masyarakat sambil memperoleh laba.
  9. Hooper, definisi bisnis adalah sebagai keseluruhan yang kompleks pada bidang-bidang industri dan penjualan, industri dasar, prosesnya, industri manufaktur dan jaringan, insuransi, perbankan, distribusi, transportasi dan lainnya yang kemudian masuk secara menyeluruh dalam dunia bisnis. Tujuannya memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakannya.
  10. Steinford, arti bisnis sebagai aktifitas dalam penyediaan barang dan jasa yang diperlukan konsumen.

Bentuk Dasar Kepemilikan Bisnis

Adapun beberapa bentuk dasar kepemilikan bisnis, yaitu sebagai berikut:

  1. Perusahaan individu, berupa suatu bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik bisnis individu memiliki kewajiban yang tidak terbatas pada aset perusahaan
  2. Persekutuan, bentuk bisnis ini yang mana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Sama seperti perusahaan perorangan, setiap sekutu (kemitraan) memiliki kewajiban yang tidak terbatas pada aset perusahaan. Guild dapat dikelompokkan ke dalam kemitraan dan perusahaan terbatas.
  3. Perseroan, dimana kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direksi. Setiap pemilik memiliki keterbatasan aset perseroan.
  4. Koperasi, berupa suatu bisnis yang terdiri dari orang atau badan hukum atas dasar kegiatan koperasi di bawah prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan. Tujuan koperasi untuk kesejahteraan anggotanya. Karakteristik utama yang membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda berarti bahwa anggota koperasi adalah pemilik dan pengguna jasa koperasi.
  5. Manajemen, berupa suatu studi operasi bisnis secara efisien dan efektif disebut manajemen. Cabang utama manajemen yaitu manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi, manajemen produksi, manajemen strategis, intelijen bisnis dan manajemen teknologi informasi.

Wajib baca: Peran manajerial dan keahlian manajerial

Pengelompokan Kegiatan Bisnis

Bisnis terdiri dari berbagai jenis usaha yang dapat dikelompokkanm yaitu, sebagai berikut:

  1. Manufaktur, berupa bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari komponen atau bahan baku, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Sebagai Contoh : Manufaktur merupakan perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti motor.
  2. Bisnis keuangan, berupa bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  3. Layanan Bisnis, berupa sebuah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan pengisian untuk layanan yang mereka berikan.
  4. Informasi Bisnis, berupa sebuah bisnis yang mendapatkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
  5. Pengecer dan distributor, berupa pihak-pihak yang berperan sebagai perantara antara produsen dan konsumen.
  6. Usaha pertambangan  dan pertanian, berupa suatu bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral.
  7. Transportasi bus, berupa sebuah keuntungan bisnis dengan menyediakan barang atau individu dari lokasi lain.
  8. Utilitas, berupa sebuah bisnis yang menjalankan layanan publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  9. Bisnis real estate, berupa sebuah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan menjual, menyewakan dan pengembangan properti, rumah, dan bangunan.

Karakteristik Bisnis

Adapun beberapa karakteristik bisnis didalam dunia perekonomian, yaitu sebagai berikut:

  1. Lembaga atau institusi atau organisasi sosial dan ekonomi
  2. Saling terkait dengan berbagai barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan manusia.
  3. Mencari laba, profit atau keuntungan.
  4. Menentukan harga yang sesuai
  5. Akan ada kemungkinan mengalami kerugian

Terdapat tiga hal yang sangat penting dalam bisnis yaitu : menghasilkan barang dan jasa, mencari profit, serta memaksimalkan kebutuhan konsumen.

Jenis Bisnis

Adapun beberapa kegiatan ataupun aktivitas dari kegiatan bisnis, yaitu sebagai berikut:

  1. Produksi: penciptaan barang dan jasa.
  2. Keuangan: kegiatan mencari dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan dagang.
  3. Pemasaran: Kegiatan untuk menginfor-masikan barang dan jasa, mengidentifikasikan keinginan konsumen.
  4. Pengelolaan sumber daya manusia: kegiatan mencari tenaga kerja dan meningkatkan kemampuannya.

Tujuan Bisnis

Sternberg menyebutkan bahwa tujuan bisnis memiliki tujuan melipat gandakan nilai-nilai pemilik perusahaan melalui penjualan barang atau jasa. Nilai yang dimaksudkan berupa nilai ekonomis atau keuntungan, secara sederhana tujuan suatu aktivitas bisnis adalah melipatgandakan keuntungan  bagi pemilik perusahaan atau bisnis dengan penjualan barang dan jasa. Penegasan bahwa melipat gandakan keuntungan merupakan satu-satunya tujuan bisnis yang identik dengan menyebutkan secara hakiki bahwa bisnis tidak dapat dipisahkan dari kapitalisme.

Nah itulah artikel pengertian bisnis menurut para ahli beserta rangkuman materi bisnis. Semoga artikel bisnis cocok untuk bisnis untuk pemula. Apabila kamu ingin bertanya mengenai cara memulai bisnis online dari nol silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: analisis data kuantitaif dan analisis data kuantitatif

Lain kali admin akan membuat ide bisnis, peluang bisnis dan pengertian bisnis online, ditunggu saja ya.

Soal tentang bisnis:

1. tujuan dilakukan analisis peluang usaha adalah untuk kecuali?

2.  buatlah list usaha kecil menengah?

3. buatlah usaha saat pandemi?

4. buatlah cara menganalisis peluang usaha?

5. buatlah makalah bisnis plan terbaru saat pandemi?

Posting Komentar untuk "10+ Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli, Jenis Usaha & Tujuan"